Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Matematika Di Era Society 5.0

Anita Rahayu, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak – Teknologi semakin berkembang seiring berjalannya waktu. TIK (teknologi informasi dan komunikasi) memiliki fungsi untuk memperoleh data atau informasi serta mentransfer data ke satu dengan lainnya. Dengan begitu TIK (teknologi informasi dan komunikasi) di percaya dapat membantu pekerjaan masyarakat terutama di bidang pendidikan. observasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat khususnya bagi pengajar serta peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Memberikan pelatihan serta pengarahan untuk mengenal lebih lanjut tentang software yang tepat untuk pembelajaran matematika adalah tujuan utama. Dengan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran ini, melalui riset data bahwa peserta didik menjadi lebih aktif, kreatif, inovatif, dan produktif, dan tentunya lebih menyenangkan karena ditunjang dengan berbagai media kreatif yang membuat peserta didik termotivasi untuk belajar.

Kata Kunci: (TIK) Teknologi Informasi dan Komunikasi, Matematika, Software

Abstract – Technology is growing over time. ICT (information and communication technology) has the function of obtaining data or information and transferring data to one another. That way ICT (information and communication technology) is believed to be able to help people's work, especially in the field of education. This observation is expected to provide benefits to the community, especially for teachers and students in the process of learning mathematics. Providing training and guidance to get to know more about the right software for learning mathematics is the main goal. With the use of technology in this learning, through data research that students become more active, creative, innovative, and productive, and of course it is more fun because it is supported by various creative media that make students motivated to learn.

Keywords: (ICT) Information and Communication Technology, Modern, Mathematics, Software


 


Keywords


(ICT) Information and Communication Technology, Modern, Mathematics, Software

Full Text:

PDF

References


Anshori, S. (2017). Pemanfaatan TIK dengan sumber dan media pembelajaran di sekolah. Jurnal ilmu Pendidikan PKN dan social budaya, 1(1), 10-20. http://publikasi.stkippgribkl.ac.id/index.php/CC/article/download/61/118.

Azhariadi, Desmaniar, I., & Geni, Z. L. (2019). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di daerah terpencil. Jurnal prosiding seminar nasional, 78-89. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2961.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dan konseling, 2(1), 121-125. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/622.

Kartika, H. (2014). Pembelajaran matematika berbantuan software matlab sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa sma. Jurnal Pendidikan unsika, 2(1), 1-12. http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/119.

Latif, K. A., Hammad, R., Sujaka, T. T., Marzuki, K., & Anas, S. (2019). Analisis investigasi whatsapp forensic di bluestack simulator perangkat menggunakan metode live forensic dengan standar ACPO. Jurnal internasional system & teknologi informasi, 5(3), 331-338. http://ijistech.org/ijistech/index.php/ijistech/article/view/148.

Maisyarah, P., & Wahyuni, S. (2020). Analisis motivasi belajar mahasiswa menggunakan video pembelajaran sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jurnal mathematics paedagogic, 5(1), 27-35. https://doi.org/10.36294/jmp.vxix.xxx.

Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-ncov. Jurnal math educator nusantara (JMEN), 6(1), 94-103. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14356.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat, 3(1), 171-187. https://core.ac.uk/download/pdf/268180802.pdf.

Putri, V. W., & Suripah. (2021). Eksplorasi hasil penelitian yang terintegrasi teknologi dan computer (TIK) dalam pembelajaran matematika. Jurnal penelitian pembelajaran matematika, 14(2), 208-222. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/21657.

Rachman, A., & Sulistyowati. (2017). Pemanfaatan teknologi 3D virtual reality pada pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar. Jurnal ilmiah nero, 3(1), 37-43. https://nero.trunojoyo.ac.id/index.php/nero/article/view/71.

Setyanto, E., Rasyidah, N., & Sulhan, M. (2017). Aplikasi TIK dalam manajemen pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Pendidikan islam, 6(2), 298-317. http://core.ac.uk/download/pdf/291324114.pdf.

Silalahi, P. (2015). Pengembangan model pelatihan pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran matematika bagi guru SD. Jurnal teknologi Pendidikan, 17(1), 1-14. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/5388.

Supianti, I. I. (2018). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran matematika. Jurnal kajian pendidikan dan pengajaran, 4(1), 63-70. http://jm.ejournal.id/index.php/mendidik/article/view/44.

Suriansyah, A. (2015). Pengembangan pembelajaran berbasis TIK (proses dan permasalahannya). Jurnal paradigma, 10(2), 1-6. http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/paradigma/article/view/2845.

Tempo.co bicara fakta. 2019. Diakses pada 2 Juni 2023 dari https://tekno.tempo.co/read/1280049/riset-oecd-murid-indonesia-yang-mampu-matematika-1-persen.

Winarko, E. (2017). Pembelajaran matematika berbasis TIK untuk meningkatkan literasi matematika: peluang dan tantangan. Jurnal seminar matematika dan pendidikan matematika, 1-6. http:/seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/U-1.pdf.

Zayyadi, M., Supardi, L., & Misriyana. (2017). Pemanfaatan teknologi komputer sebagai media pembelajaran pada guru matematika. Jurnal pengabdian masyarakat borneo, 1(2), 25-30. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.