Implementasi Model Pembelajaran Diskusi pada Siswa Madrasah Takhossusiyyah Ad-Dhimyathiah

Moh. Dika Hermanto, Saefulloh Fikri, Joko Setiyono

Abstract


Abstrak- Model pembelajaran ialah sebuah kerangka konseptual yang merancang sebuah prosedur pembelajaran pengorganisasian pengalaman belajar yang sistematis untuk mencapai tujuan belajar Secara khusus, ini berfungsi sebagai panduan bagi perancang pembelajaran. Metode pembelajaran ini memiliki beberapa pembagian diantaranya yakni metode diskusi, merupakan sebuah kegiatan komunikasi dua orang atau lebih berupa tukar pendapat mengenai imu pengetahuan yang meniitikberatkan pada kegiatan siswa dalam percakapan. Metode diskusi juga berpengaruh pada madrasah yang memiliki pengertian hakeka bentuk pendidikan Islam yang sejati dengan menggunakan cita-cita kehidupan Islami untuk melindungi, membimbing, mengenalkan dan menularkan nilai-nilai Islam kepada generasi penerus. Ilmu dan nilai-nilai Islam yang merupakan gagasan abadi bekerja dan berkembang dalam masyarakat dari masa ke masa dan dari generasi ke generasi. Penulis juga mengunakan metode penelitian. menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian studi Pustaka mengacu pada penelitian yang datanya bersumber dari buku serta jurnal yang telah terbit. Dalam penuulisan ini mengambil materi metode pembelajaran diskusi yang mengacu pada kelebihan metode diskusi, kekurangan metode diskusi.

Keyword: Metode pembelajaran, Diskusi, Madrasah 

  

Abstrak- A learning model is a conceptual framework that designs a learning procedure for systematically organizing learning experiences to achieve learning goals. In particular, it serves as a guide for learning designers. This learning method has several divisions including the discussion method, which is a communication activity of two or more people in the form of exchanging opinions about science which focuses on student activities in conversation. The discussion method also influences madrasas which have an understanding of the true form of Islamic education by using the ideals of Islamic life to protect, guide, introduce and transmit Islamic values to the next generation. Islamic knowledge and values which are eternal ideas work and develop in society from time to time and from generation to generation. The author also uses research methods. uses a type of qualitative descriptive research, namely library research which refers to research whose data comes from books and journals that have been published. In this writing, the discussion learning method material is taken which refers to the advantages of the discussion method, the disadvantages of the discussion method.

Keyword: Learning method, Discussion, Madrasah


Keywords


Learning method, Discussion, Madrasah

Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Afandi%2C+M.%2C+Chamalah%2C+E.%2C+Wardani%2C+O.+P.%2C+%26+Gunarto%2C+H.+%282013%29.+Model+dan+metode+pembelajaran.+Semarang%3A+Unissula.&btnG=.

Asyafah, A. (2019). Menimbang model pembelajaran (kajian teoretis-kritis atas model pembelajaran dalam pendidikan islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32. Doi:https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Deta, U. A., & Suprapto, N. (2012). Pembelajaran fisika model diskusi ditinjau dari kecerdasan intrapersonal siswa. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(1), 30-36. DOI: https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n1.p30-36

Irwan, I. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(1), 43-54. DOI:https://doi.org/10.24256/iqro.v1i1.312

Khamalah, N. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah. Jurnal kependidikan, 5(2), 200-215. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51. DOI: https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427

Saputra, E. (2016). Peranan metode diskusi dalam pembentukan karakter mahasiswa melalui mata kuliah pendidikan kewarganegaraan. Tingkap, 11(1), 26-40. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/tingkap/article/view/5152.

Suparno, Paul (2008), Teori Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah, Yogyakarta:Kanisius, p.41. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Suparno%2C+Paul+%282008%29%2C+Teori+Inteligensi+Ganda+dan+Aplikasinya+di+Sekolah%2C+Yogyakarta%3AKanisius%2C+p.41.&btnG=.

Syafruddin, S. (2017). Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1). DOI: http://dx.doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384

Tambak, S. (2015). Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 1-20. DOI: https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1444

Tayeb, T. (2017). Analisis dan manfaat model pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 48-55. https://journal3.uinalauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/5961.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progesif.Jakarta: Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=S_rJDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR4&dq=Trianto.+2010.+Mendesain+Model+Pembelajaran+Inovatif+%E2%80%93+Progesif.Jakarta:+Bumi+Aksara.&ots=ZjzaYKoEEM&sig=3nQgmrODrV67zcZ5-mwnfMZu9sQ&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false.

Wahyudiati, D. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Diskusi Pada Pokok Bahasan Energi Dan Perubahannya Untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran Diskusi Pada Pokok Bahasan Energi Dan Perubahannya Untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Wahyudiati%2C+D.+%282010%29.+Pengembangan+Perangkat+Pembelajaran+Berorientasi+Model+Pembelajaran+Diskusi+Pada+Pokok+Bahasan+Energi+Dan+Perubahannya+Untuk+Menumbuhkan+Sikap+Ilmiah+Siswa.+Pengembangan+Perangkat+Pembelajaran+Berorientasi+Model+Pembelajaran+Diskusi+Pada+Pokok+Bahasan+Energi+Dan+Perubahannya+Untuk+Menumbuhkan+Sikap+Ilmiah+Siswa.&btnG=.

Yaqin, H. (2021). Pembelajran Madrasah Diniyah, Kalimatan Selatan. http://idr.uin-antasari.ac.id/18319/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.