Implementasi ChatGPT sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Society 5.0

Saadah Nailus, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Pada Periode Society 5.0 mata pelajaran bahasa Indonesia membutuhkan inovasi penggunaan media agar keterlibatan siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan. ChatGPT merupakan salah satu media yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. ChatGPT merupakan Cabang Kecerdasan buatan dalam sistem komputer yang diprogram untuk melakukan percakapan dengan manusia melalui aplikasi pesan secara langsung atau direct message yang diakses melalui website.artikel ini menggunakan metode studi Pustaka di mana penulis mencari informasi melalui sumber sumber tertulis misalnya pada jurnal yang telah terbit,buku buku serta beberapa data tertulis lainnya. Artikel ini membahas tentang implementasi penggunaan chatGPT sebagai inovasi media pembelajaran bahasa Indonesia Pada Era Society 5.0. Selain itu, Artikel ini juga membahas keuntungan menggunakan chatGPT dalam mempelajari mata pelajaran bahasa Indonesia di era society 5.0. penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa menggunakan chatGPT sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, memberikan akses mudah dan cepat Untuk menyampaikan informasi, serta memberikan umpan balik secara realtime.

Kata kunci—Era Society 5.0, ChatGPT, Media Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

 

Abstract—In the Society 5.0 era, the Indonesian language subject requires innovative media to increase student engagement in learning. ChatGPT is one of the media that can be used as a learning tool for the Indonesian language. ChatGPT is a branch of artificial intelligence in computer systems that is programmed to converse with humans through direct message applications accessed via websites. This article uses a literature review method in which the author seeks information through written sources such as published journals, books, and other written data. This article discusses the implementation of ChatGPT as an innovative learning media for the Indonesian language in the era of Society 5.0. Additionally, the article discusses the benefits of using ChatGPT in learning the Indonesian language in the Society 5.0 era. This research successfully shows that using ChatGPT as a learning media can increase student interaction and engagement in learning, provide easy and fast access to convey information, and provide real-time feedback.

Keywords—Society 5.0 era, ChatGPT, Learning Media, Indonesian Language Learning.


Keywords


Society 5.0 era, ChatGPT, Learning Media, Indonesian Language Learning

Full Text:

PDF

References


Ananda, D. R., Imamah., F. Yusuf., M. A. S., & Ardiansyah. (2018). Aplikasi chatbot (milki bot) yang terintegrasi dengan web cms untuk costumer service pada ukm minsu.Jurnal Cendikia, 16 (2), 100-106. retrived from https://core.ac.uk/reader/267922040.

Ardinata, P.R., Rahmat, K. H., Andres., S. F., & Waryono, W. (2022). Kepemimpinan transformasional sebagai solusi pengembangan konsep smart city menuju era society 5.0: sebuah kajian literatur, 1(1), 33-44. Retrived From https://jurnal.pabki.org/index.php/alihtiram/article/view/206.

Arifin, Z., & Wibowo, A. (2020). Chatbot sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia:analisis efisiensi waktu dan biaya. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, 8(1), 1-10. https://doi.org/1024198/jkip.v81.26066.

Fathurrohman, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(1), 1-8. https://doi.dx /10.17509/jpbs.v17i1.6559.

Fitria, M., Arsanti, M., & Hasanuddin, C. (2022). Strategi meningkatkan literasi digital pada masyarakat di era society 5.0. Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 1(2), 91-97 https://doi.org/10.55606/protasis.v1i2.

Handayani, L. N. N., & Muliastrini, E. K.N. (2020). Pembelajaran era disruptif menuju era society 5.0 (telaah perspektif pendidikan dasar). Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 6(2), 1-14. https://doi.org/10.3363/sn.v0i0.32.

Harahap, D. W., & Fitria, L. (2020). A web based chatbot application using the dialogflow method. Jurnal Informatika Dan Teknologi Komputer (J-ICOM), 1(1), 6-13. https://doi.org/10.33059/j-icom.v1i1.2796.

Isran, R., Karo, K., & Rohani, (2018) Manfaat media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar mahasiswa di perguruan tinggi.Jurnal AXIOM, 7(1), 177-188 https://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan sastra (BASASTRA) di SD dan MI. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81-98. Retrived From https://journal .staincurup.ac.id/index.php/JPD.

Kusuma, A.W., & Fitriyani, H. (2019). Implemetasi artificial intelligence pada media pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal media Informatika Budidarma, 3(2), 113-120. https://doi.org/10.30865/mib.v3i2.1494.

Mahmudah, S. (2018). Media pembelajaran bahasa arab. Annabighoh, 20(1), 129-138. 2581-2815. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131.

Rahmawati, D., & Wijayanti, E. (2020). Pemanfaatan teknologi artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan bahasa dan Sastra, 20(1), 1-10. https://doi .dx/10.17509/bs.jpbsp.v20i1.232550.

Rezky, P. M., Sutarto, J., Prihatin, T., Yulianto, A., & Haidar, I. (2019). Generasi milenial yang siap menghadapi era revolusi digital (Society 5.0 dan revolusi industry 4.0) di bidang pendidikan melalui pengembangan sumber daya manusia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 1117-1125. Retrived from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/424.

Setiawan, A., & Luthfiyani, K. U. (2023). Penggunaan chatgpt untuk pendidikan di era education 4.0 usulan inovasi meningkaitkan keterampilan menulis. Jurnal petisi, 4(1),49-58. https://doi.org/10.36232/jurnal petisi.v4i1.3638.

Sugiono, S. (2020). Industri konten digital dalam perspektif society 5.0. Jurnal IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi, 2(22), 175-191. https://doi.org/10.33164/iptekkom.22.2.2020.175-191.

Sukmawati, & Nasran. (2021). Studi pustaka penggunaan metode pembelajaran jarak jauh berbasis e-learning pada mahasiswa ppkn masa new normal. Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (3), 7188-7191. Retrived From https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2110.

Wibowo, A., & Santoso, B. (2019). Pengembangan Chatbot Sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia, Junal Pendidikan dan Vokasi, 9(4), 601-609. https://doi.dx/10.21831/jpv.v9i4.24617.

Wulandari, D.A., & Kurniawan, A. (2020). Pengembangan model pembelajaran berbasis chatbot untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan menulis siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 20(2), 25-38. https://doi.dx/10.1750-/bs_jpbsp.v20i2.23671.

Yulianto, A., & Nurhayati, N. (2019). Trianguation sumber method in measuring the quality of service in public hospitals. Journal Of Physics:Conference Series, 1248(1), 1742-6596. https://doi.dx/10.1088/1742-6596/1248/1012040.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.