Pemanfaatan Media E-learning Moodle untuk Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Prodi Matematika

Siti Mutmainah, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak-Pembelajaran merupakan sebuah proses yang sudah direncanakan dengan terstruktur sehingga peserta didik dapat mencapai pembelajaran dikelas dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini dengan adanya pemanfaatan media e-learning moodle yaitu untuk menunjang pembelajaran mahasiswa prodi matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research) yang menggali referensi dari berbagai sumber data. Data penelitian ini berasal dari data sekunder yang didapat dari artikel sebelumnya yang sudah dipublikasi dalam jurnal nasional. Hasil dari penelitian ini, ada 9 cara untuk mengakses aplikasi moodle. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan adanya media e-learning moodle dapat menunjang pembelajaran mahasiswa prodi matematika.

Kata kunci-Media e-learning, moodle, pembelajaran mahasiswa, prodi matematika

 

Abstract-Learning is a process that has been planned in a structured way so that students can achieve maximum learning in class. The purpose of this study with the utilization of e-learning moodle media is to support the learning of mathematics study program students. The method used in this research is a library study (library research) that explores references from various data sources. This research data comes from secondary data obtained from previous articles that have been published in national journals. As a result of this research, there are 9 ways to access the moodle application. The conclusion of this research is that the existence of e-learning moodle media can support the learning of mathematics study program students.

Keywords: E-learning media, moodle, student learning, math program


Keywords


E-learning media, moodle, student learning, math program

Full Text:

PDF

References


Abadi, G. F. (2015). Inovasi pembelajaran pendidikan agama islam berbasis e-learning. Tasyri’, 22(2), 127-138. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/tasyri/article/view/1547.

Agustina, M. (2013). Pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI). Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/3064.

Ahmad, M., Rohani., Siregar, A. U., & Sabri. (2022). Pendidikan matematika realistik untuk membelajarkan kreativitas dan komunikasi matematika. Pekalangon: PT. Nasya Expanding Management.

Alamsyah, S., & Sudrajat. (2021). Belajar pembelajaran di sekolah dasar. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Altania, E., & Sungkono, S. (2021). Pelaksanaan moodle di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika kelas 11 IPA. Epistema, 2(2), 59-67. https://doi.org/10.21831/ep.v2i2.43251.

Ardana, N. A. D. I., & Purwoko, B. (2018). Studi kepustakaan penerapan konseling naratif dalam lingkup pendidikan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya). Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA, 8(2), 79-90. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/23226.

Budiman, A., Arifin, A., & Marlianto, F. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning pada pada smk di Pontianak. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), 2(2), 133-139. https://doi.org/10.32672/jnkti.v2i2.1556.

Dewi, N. R., & Arini, F. Y. (2018). Uji keterbacaan pada pengembangan buku ajar kalkulus berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan representasi matematis. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 299-303. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19592.

Diputra, K. S. (2016). Pengaruh Inquiri based Mathematics Education dan gaya kognitif terhadap prestasi belajar mahasiswa Pgsd pada mata kuliah matematika. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 182-196. https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i2.110.

Fitria, A. (2014). Miskonsepsi mahasiswa dalam menentukan grub pada struktur aljabar menggunakan certainty of response index (CRI) di jurusan pendidikan matematika IAIN Antasari (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Antasari). Jurnal Pendidikan Matematika UIN Antasari, 1(2), 45-60. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/327227535.pdf.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5.

Hanifah, H., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2019). Pengaruh model pembelajaran e-learning berbantuan media pembelajaran edmodo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 31-42. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.453.

Kertati, I., Susanti, T., Muhammadiah, M., Efitra., Zamista, A. A., Rahman, A. A., Yendri, O., Pratama, A., Rusmayadi, G., Nurhayati, K., Zebua, R. S. Y., Artawan, P., & Arwizet. (2023). Model dan metode pembelajaran inovatif era digital: Penerapan & implementasi pembelajaran inovatif berbasis studi kasus era industri 4.0 dan society 5.0. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Kurtanto, E., & Asyhar, R. (2017). Pengembangan model pembelajaran blended learning pada aspek learning design dengan platform media sosial online sebagai pendukung perkuliahan mahasiswa. Repository Unja, 1-26. Retrieved from https://repository.unja.ac.id/626/2/Artikel%20Jurnal-Blended%20Learning.pdf.

Maruwae, A. (2022). Telaah hasil belajar: Strategi pembelajaran dan gaya kognitif. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Nurfa, N. N., Aripin, A., & Susanti, E. (2022). Pengembangan media pembelajaran learning management system berbasis moodle sebagai daya dukung pembelajaran fisika. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 6(2), 143-151. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss2/663.

Pardede, T. (2011). Pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran pada pendidikan tinggi jarak jauh. Seminar Nasional FMIPA UT, 1, 55-60. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/2511/1/fmipa201144.pdf.

Pratomo, I. W. P., & Wahanisa, R. (2021). Pemanfaatan teknologi Learning Management System (LMS) di Unnes masa pandemi covid-19: Utilization of learning Management System (LMS) technology at Unnes during the covid-19 pandemic. In Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 547-560. https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i2.730.

Rifa’i, A. Y., dkk. (2020). 28 Cara senang belajar matematika. Magelang: Pustaka Rumah C1nta.

Samsudin, M., & Januhari, N. N. U. (2019). Pengembangan pembelajaran e-learning dengan moodle (modulator object-oriented dynamic learning environment). Jurrnal Sistem dan Informatika (JSI), 14(1), 1-8. https://doi.org/10.30864/jsi.v14i1.210.

Sari, P. (2015). Memotivasi belajar dengan menggunakan e-learning. Ummul Qura, 6(2), 20-35. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/qura/article/view/2048.

Seputri, V. W., & Suparman, S. (2021). Analisis kebutuhan perangkat pembelajaran e-learning berbasis moodle pada siswa smp. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 3(2), 121-131. https://doi.org/10.37729/jipm.v3i2.1598.

Setiawan, A., & Sulistiani, I. R. (2019). Pendidikan nilai, budaya, dan karakter dalam pembelajaran matematika dasar pada sd/mi. Elementerls: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 41-56. http://dx.doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2767.

Sudiana, R., Fatah, A., & Khaerunnisa, E. (2017). Kemandirian belajar mahasiswa melalui pembelajaran berbasis virtual class. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 74-80. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i1.1292.

Sara, K., Witi, F. L., & Mude, A. (2020). Implementasi e-learning berbasis moodle di masa pandemi covid 19. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 3(2), 181-189. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.1813.

Triyono, T., Santosa, B., & Sayuti, M. (2023). Implementasi media belajar e-learning moodle dalam konteks aktivitas belajar peserta didik di sekolah kejuruan muhammadiyah 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 5820-5830. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14785.

Wicaksono, A. G. (2020). Belajar dan pembelajaran: Konsep dasar, teori, dan implementasinya. Surakarta: UNISRI Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.