Analisis Kaidah Kebahasaan Tajuk Rencana Kompas.id Edisi Februari 2023 sebagai Bahan Ajar di Kelas XII SMA

Muhamad Rafi, Suryo Daru Santoso

Abstract


abstrak—Tajuk rencana merupakan salah satu jenis teks yang berisi opini atau pandangan terhadap fenomena di masyarakat dalam bahasa Indonesia  yang umum ditemui dalam surat kabar atau media massa dan memiliki kaidah kebahasaan. Dalam pembelajaran tajuk rencana SMA, banyak yang masih kesulitan menghasilkan tajuk rencana yang baik khususnya dalam kaidah kebahasaan tajuk rencana. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan kaidah kebahasaan tajuk rencana Kompas.id edisi Februari 2023 dan sebagai bahan ajar di kelas XII SMA. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Metode pengambilan sampel yang digunakan menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Teknik penyajian data menggunakan teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian dari kaidah kebahasaan tajuk rencana yang meliputi penggunaan ungkapan retoris, kata-kata populer, ragam kata ganti tunjuk, dan ragam konjungsi pada tajuk Kompas.id edisi Februari 2023. Simpulan dari penelitian ini bahwa terdapat beberapa tajuk rencana Kompas.id edisi Februari 2023 yang sesuai dan tidak sesuai kaidah kebahasaan dan hasil penelitian ini sesuai dengan bahan ajar bahasa Indonesia di kelas XII SMA.

Kata kunci—analisis, tajuk rencana, kaidah kebahasaan, bahan ajar

 

 

Abstract—Editorials are one type of text that contains opinions or views on phenomena in society in Indonesian that are commonly found in newspapers or mass media and have linguistic rules. In high school editorial learning, many still have difficulty producing good editorials, especially in the rules of editorial language. The purpose of the study is to describe the linguistic rules of the editorial Kompas.id February 2023 edition and as teaching material in class XII of high school. The research method in this study uses qualitative descriptive methods. The data collection method uses the listen and record method. The sampling method used uses nonprobability sampling with saturated sampling techniques. The data analysis technique used is qualitative data analysis technique. Data presentation techniques use informal presentation techniques. Based on the results of research from editorial language rules which include the use of rhetorical expressions, popular words, various pointing pronouns, and various conjunctions in the February 2023 edition of Kompas.id headlines. The conclusion of this study is that there are several editorials Kompas.id the February 2023 edition that are appropriate and not in accordance with language rules and the results of this study are in accordance with teaching materials Indonesian language in class XII of high school.

Keywords—analysis, editorial, language rules, teaching materials

 


Keywords


analysis, editorial, language rules, teaching materials

Full Text:

PDF

References


Ahmad, K., & Lestari, I. (2010). Pengembangan bahan ajar perkembangan anak usia SD sebagai sarana belajar mandiri mahasiswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(8), 183-193. https://doi.org/10.21009/PIP.222.10.

Arikunto, S. (2010). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadhila, H., & Hartono, B. (2022). Analisis struktur dan ciri kebahasaan wacana tajuk rencana pada harian Kompas dan Suara Merdeka edisi Februari 2021. Jurnal Sastra Indonesia, 11(1), 27-34. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i1.50795.

Kemendikbudristek, Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Kemendikbudristek. (2022). Permendikbudristek Republik Indonesia No. 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Kemendikbudristek.

Khansa, A. F. (2019). Teks editorial sebagai bahan ajar bahasa Indonesia kelas XII di SMAN 12 Bandung. Metabahasa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 47-70. Retrieved from http://journal.stkipyasika.ac.id/metabahasa/article/view/22.

Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis teks. Bandung: Penerbit Yrama

Kurniawan, K. (2019). Bahasa Indonesia keilmuan untuk perguruan tinggi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Lexy J. Moleong, (2006). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ningsih, T., Nuryanti, M., & Mutaqin, D. (2019). Analisis Kebahasaan Teks Editorial pada Harian Pikiran Rakyat Edisi 2017 sebagai Pengembangan Materi Ajar Teks Editorial SMA Kelas XII. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 4(1), 7-12. Retrieved from https://eco-entrepreneur.trunojoyo.ac.id/metalingua/article/view/6121.

Sudaryanto. (2015). Metode dan aneka teknik analisis bahasa. Yogyakarta: Sanata. Dharma University Press.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.