Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Ditinjau dari Aspek Materi dan Kebahasaan Khususnya pada Materi Negosiasi

Nor Vitasari, Khilma Nur Aini, Muhammad Rizki Fadhillah, Rika Marsita, Muhammad Sholehhudin, Joko Setiyono

Abstract


abstrak—Buku teks merupakan sumber pengetahuan siswa. Kualitas buku teks yang digunakan sebagai sumber belajar juga menentukan pencapaian tujuan pembelajaran. Salah satu contoh buku teks adalah buku Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Semester 2 yang disusun oleh Dwi Priyanto. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis buku teks Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Semester 2 khususnya pada materi negosiasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatiif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif ini diharapkan akan diperoleh informasi yang lebih komprehensif, mendalam dan bermakna untuk mencapai tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi yang ada di dalam buku teks tersebut sudah sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) yang telah disampaikan. Selain itu penulisan kata dalam buku teks dilakukan sesuai dengan EYD atau kaidah bahasa Indonesia dalam penjelasan penelitian.

Kata kunci—Buku teks, kurikulum 2013, negosiasi

 

Abstract—Textbooks are a source of student knowledge. The quality of textbooks used as learning resources also determines the achievement of learning objectives. One example of a textbook is the book Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Semester 2 compiled by Dwi Priyanto. The purpose of this study was to analyze Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Semester 2 textbooks, especially on negotiation material. This study uses a qualitative descriptive method. By using this qualitative approach, it is hoped that more comprehensive, in-depth and meaningful information will be obtained to achieve the research objectives. The results of the study show that the material in the textbook is in accordance with the Basic Competency (KD) that has been submitted. In addition, the writing of words in textbooks is carried out in accordance with EYD or Indonesian language rules in research explanations

Keywords— Textbook, curriculum 2013, negotiation


Keywords


Textbook, curriculum 2013, negotiation

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., & Astuti, R. (2021). Analisis mengenai telaah kurikulum K-13 pada jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6120-6125. Doi https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1770.

Asri, A. S. (2017). Telaah buku teks pegangan guru dan siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas VII berbasis kurikulum 2013. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70-82. Doi https://doi.org/10.22225/jr.3.1.94.70-82.

Ernawati, Y. (2018). Telaah buku teks tematik terpadu kelas IV SD kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 11(2), 109-123. Doi https://doi.org/10.33557/jedukasi.v11i2.223.

Irawan, D., Bramasta, D., Yulianingrum, F., & Mumpuni, A. (2022). Review buku teks membaca kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kendaraan Pendidikan , 8 (10), 15-28. Doi https://doi.org/10.5281/zenodo.6785050.

Jackman, A. (2005). How To Negotiate; Teknik Sukses Bernegoisasi. Jakarta: Erlangga.

Muslich, M. (2010). Textbook Writing: Dasardasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Wulandari, Y., & Purwanto, W. E. (2017). Kelayakan aspek materi dan media dalam pengembangan buku ajar sastra lama. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 162-172. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=aspek+materi+adalah&btnG=#d=gs_qabs&t=1685595933194&u=%23p%3DDIEAxgQsxKkJ.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.