Pemanfaatan Aplikasi Zoom sebagai Media Tes Lisan dalam Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh

Dina Novita Sari, Nor Vitasari, Joko Setiyono

Abstract


Abstrak—Zoom adalah aplikasi komunikasi berbasis video yang didirikan oleh Eric Yuan. Salah satu keunggulan dari aplikasi zoom yaitu dapat mempermudah komunikasi secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan implementasi aplikasi zoom sebagai media tes lisan dalam evaluasi pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode study pustaka. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan data sekunder yang masih terkait dengan topik yang diteliti. Sumber data diperoleh dari beberapa buku dan artikel-artikel yang telah diterbitkan dalam jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peran aplikasi zoom dalam tes tulis yaitu (a) aplikasi zoom menyediakan layanan tatap muka secara jarak jauh, (b) aplikasi zoom juga dapat membantu kita menumbuhkan sikap objektif.  2) implementasi aplikasi zoom dalam tes tulis yaitu (a) download aplikasi zoom, (b) registrasi akun pada aplikasi zoom, (c) lakukan tes lisan.

Kata kunci— Aplikasi zoom, tes lisan, evaluasi pembelajaran

 

Abstract—Zoom is a video-based communication application founded by Eric Yuan. One of the advantages of the zoom application is that it can facilitate online communication. The purpose of this study was to determine the role and implementation of the zoom application as an oral test medium in evaluating distance learning. This research uses the library study method. In this study, researchers used secondary data that is still related to the topic under study. Sources of data obtained from several books and articles that have been published in journals. The results of the study show that 1) the role of the zoom application in the written test is (a) the zoom application provides face-to-face services remotely, (b) the zoom application can also help us develop an objective attitude. 2) implementation of the zoom application in the written test, namely (a) download the zoom application, (b) register an account on the zoom application, (c) do an oral test.

Keywords— Zoom app, oral test, learning evaluation


Keywords


Zoom app, oral test, learning evaluation

Full Text:

PDF

References


Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan zoom meeting untuk proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 51-56. Doi http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511.

Iskandar, M. R., & Syarifudin. (2020). Pembelajaran keterampilan berbahasa dengan media audio visual melalui zoom cloud meeting di Fakultas Tarbiyah Iai Qamarul Huda Bagu. el_Huda, IAI Qomarul Huda Bagu NTB, 11(2), 71-80. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/elhuda/article/view/3957.

Kelana, J. B., Wulandari, M. A., & Wardani, D. S. (2021). Penggunaan aplikasi zoom meeting di masa pandemi covid-19 pada pembelajaran sains. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 18-22. Doi: http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/3520.

Khaerudin, K. (2017). Administrasi, analisis butir dan kaidah penulisan tes . Madaniyah, 7(1), 97-128. Retrieved from https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/28.

Komalasari, R. (2020). Manfaat teknologi informasi dan komunikasi di masa pandemi covid 19 . Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 7(1), 38-50. Doi https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369.

Kustiawan, W., Mutahar, L. F., & Al-Ghazali, R. (2022). Manajemen dan pengembangan zoom meeting. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 2051-2061. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/download/3783/1351.

Maulana, F., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan aplikasi zoom untuk pembelajaran daring di masa pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 324-332. Doi: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1212.

Parancika, R. B. ., Isnaen, F., Albastiah, F. A. ., & Warsono, W. (2022). Sosialisasi pemanfaatan zoom meeting bagi pengajar TPQ Darul Hikmah. Journal of Community Service and Engagement, 2(5), 46–52. Doi https://doi.org/10.9999/jocosae.v2i5.148.

Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi evaluasi pembelajaran di kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111-121. Retrieved from https://www.academia.edu/download/88111228/227.pdf.

Rasyidi, Z. Z. (2020). Pembelajaran qawaid: Perspektif teori kognitif pada Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin Kalimantan Selatan. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangkaraya, 8(1), 103-116. Doi https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1865.

Salamah, U. (2018). Penjaminan mutu penilaian pendidikan. EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1). 274-293. Doi http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.79.

Sari, D. N., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan media facebook sebagai penunjang pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa SMP. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 186-193. Doi: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1249.

Setiawan, H. R. (2021). Manajemen kegiatan evaluasi pembelajaran. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 507–511. Doi https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.350.

Setiawan, M. A., & Maghfirah, I. S. (2021). Efektivitas aplikasi zoom dalam proses pembelajaran matematika: The effectiveness of the zoom application in the mathematics learning process. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 33–37. Doi https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i1.2565.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100. Doi https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796.

Vitasari, N., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan fitur reels instragram pada pembelajaran membaca puisi guna mendukung gerakan merdeka belajar di sekolah menengah. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2( 1), 10-19. Doi: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1237.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.