Kemandirian Belajar dengan Melalui Metode Pembelajaran Word Square dapat Memupuk Kualitas Belajar Mata Pelajaran PPKn di SMA)
Abstract
abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar dan kualitas belajar mata pelajaran PPKn melalui metode pembelajaran Word Square siswa SMA. Subjek penelitian dipilih berdasarkan indicator kemandirian belajar siswa ke dalam 3 kategori (aktif, cukup aktif, dan tidak aktif). Subjek penelitian dari 35 siswa kelas 12.2 Bahasa MA ABU DARRIN. Instrumen penelitian menggunakan angket. Selanjutnya dilakukan triangulasi sumber dengan memilih pekerjaan yang sama dan triagulasi metode dengan membandingkan hasil angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian antara kemandirian dan kualitas belajar yang menggunakan metode Word Square pada kategori teraktif terdapat 20% siswa dengan tingkat kemandirian belajarnya paling tinggi dapat memupuk kualitas belajarnya, sedangkan kategori cukup aktif terdapat 51% siswa yang memenuhi indikator kemandirian belajarnyasedangdapatmemupuk kualitas belajarnyajugasedang, dan 29% siswa lainnya terkategori tidak aktif dan tidak mandiri menunjukkan tidak dapat memupuk kualitas belajarnya.
Abstract—This study aims to describe the learning independence and learning quality of Civics subjects through the Word Square learning method of high school students. The research subjects were selected based on indicators of student learning independence into 3 categories (active, moderately active, and inactive). The research subjects were 35 students of class 12.2 Language MA ABU DARRIN. The research instrument used a questionnaire. Furthermore, source triangulation was carried out by selecting the same work and method triagulation by comparing the results of the questionnaire. The results showed that the suitability between independence and learning quality using the Word Square method in the most active category there were 20% of students with the highest level of learning independence that could foster the quality of learning, while the moderately active category there were 51% of students who met the indicators of learning independence that could foster the quality of learning, and the other 29% of students categorized as inactive and not independent showed that they could not foster the quality of learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abid. (2016). Diambil kembali dari https://dosenmuslim.com/pendidikan/kelebihan-dan kekurangan-dalam-metode-ceramah/amp/#amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=16669456766175&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com
Creswell, J.W. (2017). Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Fauziah, L., Junarti, J., & Zuhriah, F. (2023). Kajian Pustaka Tentang Kemandirian Belajar PPKn dan Model Pembelajaran Diskusi Kelompok pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 3(1), 93-100.
Junarti, J. (2020). Panduan Pembelajaran Mandiri Dengan Modul.
Junarti, J., Zainudin, M., & Novela, Y. (2022, June). Membangun Kemandirian Belajar Aljabar Abstrak melalui Modul Pendampingan. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri) (Vol. 1, No. 1, pp. 265-287).
Junarti, Indriani, A., & Mayasari, N. (2023). Karakter Kemandirian dan Kesiapan Mahasiswa dalam Menghadapi Duni Kerja pada Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Bandung: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Khasanah, D., Junarti, J., & Zuhriah, F. (2023). Profil Kemandirian Belajar Siswa yang Mengikuti Kegiatan OSIS di SMA Negeri 1 Kalitidu. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 3(1), 125-132.
Knowles. (1989). Diambil kembali dari https://ainamulyana.blogspot.com/2016/01/pengertian-kemandirian-belajar-dan.html.
Miftah, M. (2014). Pemanfaatan media pembelajaran untuk peningkatan kualitas belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 1-12.Suprayitno, B. H. (2018). JPGSD. JPGSD , 2203.
Risky, E. A., Junarti, J., & Zuhriah, F. (2023). Kajian Pustaka Model Pembelajaran Talking Stick Dan Kemandirian Belajar PPKn Sekolah Menengah Pertama (SMP. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 3(1), 101-110.
Sari, E. B. A., Junarti, J., & Zuhriah, F. (2023). Studi Literasi Model Pembelajaran Word Square dan Kualitas Belajar serta Kemandirian Belajar PPKn Sekolah Menengah Atas (SMA). Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 3(1), 151-164.
Sekartaji, F. L. P. D., Junarti, J., & Zuhriah, F. (2023). Kajian Pustaka Tentang Kemandirian Belajar PPKN dan Model Pembelajaran Think Pair Share pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 3(1), 17-28.
Suprayitno, B. H. (2018). JPGSD. JPGSD , 2203.
Yanti, S., & Surya, E. (2017). Kemandirian belajar dalam memaksimalkan kualitas pembelajaran. Diakses dari https://www. researchgate. net/publication/321833928.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.