Analisis Mengenai Telaah Kurikulum Merdeka Belajar pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama

Dina Novita Sari, Aninda Paramitha Putri, Fitri Florensa, Muhammad Zainul Musthofa, Muhammad Sholehhudin, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Kemampuan menulis akademik adalah keterampilan seorang akademisi dalam membuat tulisan akademik. Penelitian ini bertujuan guna memanfaatkan Aplikasi Menulis Akademik untuk menunjang keterampilan menulis di Perguruan Tinggi. Metode penelitian yang di pakai penelitian ini adalah Studi Pustaka (library research). Teknik pengumpulan data memakai teori Kuhlthau (2002) pada Mirzaqon dan Purwoko (2017) yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Peneliti memakai 5 teknik pengumpulan data, yakni 1) Pemilihan topik tentang pemanfaatan Aplikasi Menulis Akademik di Perguruan Tinggi, 2) Eksplorasi informasi Aplikasi Menulis Akademik untuk keterampilan menulis di Perguruan Tinggi, 3) Menentukan fokus penelitian tentang Aplikasi Menulis Akademik, 4) Pengumpulan sumber data sesuai penelitian, 5) Penyusunan laporan penelitian. Penelitian ini mendapat simpulan tentang pemanfaatan Aplikasi Menulis Akademik guna menunjang pembelajaran keterampilan menulis di Perguruan Tinggi. Penggunaan Aplikasi Menulis Akademik yakni, 1) Install Aplikasi “Menulis Akademik” melalui Google Play Store, setelah terinstall kamu bisa masuk Aplikasi tersebut, 2) Selanjutnya klik masuk. Maka akan muncul pemberitahuan berikut dan tekan next, 3) Setelah masuk, maka tampilannya akan berubah seperti ini. Lalu kamu bisa memilih menu sesuai yang ingin dipelajari, 4) Misalnya, klik menu isi maka akan mencul beberapa menu lain didalamnya yang berisi materi dasar menulis, 5) Tidak hanya tersedia bahan ajar, kita juga dapat mengakses permainan dalam Aplikasi tersebut.

Kata kunci—Aplikasi Menulis Akademik, Pembelajaran Keterampilan Menulis, Perguruan Tinggi

 

Abstract— Academic writing ability is the skill of an academic in making academic writing. This study aims to utilize academic writing applications to support writing skills in tertiary institutions. The research method used in this research is library research. The data collection technique uses the theory of Kuhlthau (2002) on Mirzaqon and Purwoko (2017) which has been modified by researchers. Researchers used 5 data collection techniques, namely 1) Selection of topics regarding the use of academic writing applications in tertiary institutions, 2) Exploration of information on academic writing applications for writing skills in tertiary institutions, 3) Determining the focus of research on academic writing applications, 4) Collection of data sources according to research, 5) Preparation of research reports. This research draws conclusions about the use of academic writing applications to support learning writing skills in tertiary institutions. The use of academic writing applications, namely, 1) Install the "Academic Writing" application through the Google Play Store, after it's installed you can enter the application, 2) Then click enter. Then the following notification will appear and press next, 3) After entering, the appearance will change like this. Then you can choose the menu according to what you want to learn, 4) For example, click the content menu, several other menus will appear in it which contain basic writing material, 5) Not only are teaching materials available, we can also access games in the application.

Keywords— Application of Academic Writing, Learning Writing Skills, College


Keywords


Application of Academic Writing, Learning Writing Skills, College

Full Text:

PDF

References


Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72. Doi: https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Hasim, E. (2020). Penerapan kurikulum merdeka belajar perguruan tinggi di masa pandemi covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. 68-74. Doi: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/403

Jeflin, H., & Afriansyah, H. (2020). Pengertian Kurikulum, Proses Administrasi Kurikulum dan Peran Guru dalam Administrasi Kurikulum, 2-4. Doi: https://osf.io/kge3m/download.

Khusni, M. F., Munadi, M., & Matin, A. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 60-71. Doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Nasution, SW (2022). Penilaian kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1 (1), 135-142. Doi: https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Pritasari, O., Wilujeng, B. Y., & Windayani, N. R. (2023). Penerapan kurikulum outcome based education (OBE) dalam kurikulum merdeka belajar kurikulum merdeka di prodi S1 pendidikan tata rias. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(1), 41-48. Doi: https://doi.org/10.26740/jvte.v5n1.p41-48

Rohman, M., Nabila, F. N., & Fauzizah, L. (2022). Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka Belajar Di Sdn Ngadirejo 1 Kota Blitar. Sinda: Comprehensive Journal of Islamic Social Studies, 2(3), 106-117. Doi: https://doi.org/10.28926/sinda.v2i3.692

Saleh, M. (2020, May). Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 51-56). Doi: http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8

Saputra, D., Qawim, MM, Hariyadi, A., & Utomo, S. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Konsep Belajar Mandiri. Jurnal Ekuitas Dalam Pendidikan, 5 (1), 14-22. Doi: https://doi.org/10.37304/eej.v5i1.8256

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166-178. Doi: https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Suryaman, M. (2020, October). Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 13-28). Doi: https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13357

Susilowati, E. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115-132. Doi: https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. Doi: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.