Pemanfaatan Aplikasi Pixellab untuk Menumbuhkan Kreativitas Siswa dalam Membuat Iklan

Khoirul Rahma Syahputri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Iklan adalah berita atau pesan untuk mengajak pembeli agar tertarik dengan apa yang kita tawarkan. Iklan sangat dibutuhkan untuk setiap promosi perusahaan, karena iklan memiliki beberapa manfaat antara lain mengenalkan sebuah ke pasar. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitafif yaitu studi pustaka (library research). Studi pustaka merupakan teknik penelitian yang sumber data diperoleh dari sumber tertulis. Data yang didapat merupakan data sekunder yang berasal dari buku terbitan serta jurnal nasional maupun jurnal internasional. Penulis menggunakan teori dari Mary W. George pada teknik pengumpulan data yang dijabarkan sebagai berikut 1) Pemilihan topik tentang aplikasi pixellab, 2) menyusun strategi untuk memperoleh data mengenai aplikasi pixellab dalam membuat iklan, 3) menyusun strategi hungga menjadi hasil pendataan, 4) memberikan kesimpulan mengenai hasil data yang sudah dikumpulkan. Penelitian ini menghasilkan aplikasi Pixellab yang dapat berperan untuk mengasah kreativitas siswa dalam membuat iklan. Langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi Pixellab yaitu mengunduh aplikasi, membuat desain iklan pada aplikasi tersebut, dan tahap publikasi pada desain iklan.

Kata kunci—Iklan, Kreativitas siswa, Pixellab.

 

 

Abstract— Advertising is news or messages to influence consumers to be interested in what we have to offer. Advertising is needed for every company promotion, because advertising has several benefits, including introducing something to the market. In this study, the authors used a qualitative research method, namely library research. Literature study is a research technique in which data sources are obtained from written sources. The data obtained is secondary data sourced from published books and national and international journals. The author uses theory from Mary W. George on data collection techniques which are described as follows 1) Selection of topics regarding pixellab applications, 2) develop strategies to obtain data regarding pixellab applications in making advertisements, 3) develop strategies to become the results of data collection, 4 ) provide conclusions regarding the results of the data that has been collected. The results of this study are that the Pixellab application can play a role in honing student creativity in making advertisements. The steps for using the Pixellab application are downloading the application, creating an ad design in the application, and the publishing stage in the ad design

Keywords— Advertising, Student creativity, Pixellab.


Keywords


Advertising, Student creativity, Pixellab.

Full Text:

PDF

References


Afda, M. C., & Aprilia, M. P. (2022). Literasi Teknologi Informasi Komunikasi Peserta Pelatihan Desain Grafis Balai Latihan Kerja Kota Pekalongan. MUKASI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(3), 270-285. https://doi.org/10.54259/mukasi.v1i3.1065.

Ahmad, A. Z., & Handayani, S. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN LOGO DENGAN APLIKASI PIXELLAB PESANTREN MAHASISWA UNILAK (PMU). J-COSCIS: Journal of Computer Science Community Service, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v1i1.5549.

Amrulloh, A. Y., & Indrianto, N. (2022). Pengembangan kaligrafi digital berbasis aplikasi android untuk pembelajaran khat araby. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(1), 42-54. https://doi.org/10.22219/jinop.v8i1.19889.

Arista, D., & Astuti, S. R. T. (2011). Analisis pengaruh iklan, kepercayaan merek, dan citra merek terhadap minat beli konsumen. Jurnal Ilmiah Aset, 13(1), 37-45. Retrieved from https://journal.widyamanggala.ac.id/index.php/jurnalaset/article/view/71.

Astuti, S. P. (2017). Persuasi dalam wacana iklan. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 12(1), 38-45. https://doi.org/10.14710/nusa.12.1.38-45.

Azis, M., Azis, F., Abdurrahman, A., Sari, N. R., Arwadi, F., Putri, R. A., & Azzahrah, S. (2022). Pengembangan Soft Skill Guru dan Siswa Melalui Pelatihan Microsoft Office PowerPoint dan Desain Grafis. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 36-42. https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i1.2475.

Azizah, M. (2016). Etika perilaku periklanan dalam bisnis Islam. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 3(1), 37-48.http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2013.3(1).37-48.

Christian, M. (2019). Telaah keniscayaan iklan di kanal youtube sebagai perilaku khalayak di kalangan milenial. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(02), 141-158. http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v5i02.1890.

Efendi, A. Y. (2021). Pengembangan bahan ajar video animasi berbasis pendidikan karakter pada materi sistem persamaan linier (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU). http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6488.

Hartanto, D. D. (2001). Penggunaan Ilustrasi sebagai daya tarik pada iklan media cetak. Nirmana, 3(1). https://doi.org/10.9744/nirmana.3.1.

Kevin, K., Wdayatmoko, W., & Pribadi, M. A. (2019). Pengaruh fungsi iklan dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan Gojek. Prologia, 3(1), 169-176. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6235.

Khoiria, I. (2020, October). Fungsi bahasa iklan dalam perspektif gender. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 4, No. 1). https://doi.org/10.22219/.v4i1.3681.

Komarudin, D. (2011). Hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar siswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 278-288. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.2196.

Mahmudi, A. (2007). Meningkatkan kreativitas siswa melalui problem posing. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.21831/pg.v3i1.641.

Maulidasari, C. D., Damrus, D., & Husen, T. I. (2022). Dampak Pemanfaatan Iklan Pada Aplikasi Online. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.35308/jbkan.v6i1.5191.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal kependidikan, 5(2), 216-232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939.

Purnama, N., & Setyowati, R. D. (2003). Pengaruh iklan televisi menggunakan background musik terhadap recall audience. Sinergi: Kajian Bisnis dan Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.20885/js.v6i1.915.

Sudjanarti, D., Rahmi, A., Utomo, H., Wardani, R. T. I., & Palandi, E. H. (2022). APLIKASI PIXELLAB UNTUK DASAIN MEDIA INFORMASI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (J-ABDIMAS), 9(1), 49-53. https://doi.org/10.33795/jabdimas.v9i1.159.

Susanto, E. H. (2014). Dinamika pesan iklan. Jurnal Komunikasi, 6(2), 1-9. https://doi.org/10.24912/jk.v6i2.28.

Tasruddin, R. (2015). Strategi promosi periklanan yang efektif. Jurnal Al-Khitabah, 2(1). https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Khitabah/article/view/2623.

Wibowo, B. S. (2016). Pengaruh Kreativitas Dalam Iklan, Reputasi Bintang Iklan Dan Waktu Penayangan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Serta Dampaknya Terhadap Minat Pembelian Konsumen. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori dan Implementasi, 7(1), 67-84. https://doi.org/10.18196/jbti.v7i1.2546.

Zullaihah, R., & Setyawati, H. A. (2021). Analisis Pengaruh Iklan, Identitas Merek, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(1), 169-184. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i1.774.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.