Profil Tahapan Proses Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Limit Fungsi

Junarti Junarti, Sujiran Sujiran, Nur Rohman, Afifatul Abidah

Abstract


abstrak—Literasi matematis merupakan bagian penting yang dibutuhkan siswa dalam pembelajaran matematika ketika melakukan pemahaman konsep matematika. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mendeskripsikan profil tahapan proses literasi matematis siswa SMA dalam pembelajaran limit fungsi. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan instrument tes dan kuesioner untuk menggali tahapan proses literasi matematis pada 34 siswa SMA kelas XI. Data dianalisis dengan uji statistik deskriptif satu variabel.  Hasil penelitian menunjukkan mean hasil tes limit fungsi sebesar 55,85 dengan standar deviasi 35,09 hal ini menunjukkan kemampuan limit fungsi siswa masih rendah dan variatif. Hasil kuesioner dari tahapan proses literasi matematis siswa ini menunjukkan prosentase siswa yang dapat memahmi konsep limit fungsi melalui contoh soal sebanyak 59%, prosentase siswa yang dapat memahami melalui rumus/definisi secara langsung sebanyak 18 %, prosentase yang dapat memahami melalui contoh divariasi rumus/definisi sebanyak 21%.  Profil tahapan proses literasi matematis bersesuaian dengan kemampuan pemahaman konsep limit fungsi, artinya proses literasi matematis siswa yang menggunakan tahapan yang mampu menggunakan rumus/definisi secara langsung maka  pemahaman konsep limit fungsi juga baik.

Abstract—Mathematical literacy is an important part that students need in learning mathematics when understanding mathematical concepts. The purpose of this study is to describe the profile of the stages of the process of mathematical literacy of high school students in limit function learning. The research method used descriptive quantitative with instrument tests and questionnaires to explore the stages of the mathematical literacy process in 34 class XI high school students. Data were analyzed by using one variable descriptive statistical test. The results showed that the mean limit of function test results were 55.85 with a standard deviation of 35.09. This indicated that the students' ability to limit functions was still low and varied. The results of the questionnaire from the stages of the students' mathematical literacy process show that the percentage of students who can understand the concept of limit functions through sample questions is 59%, the percentage of students who can understand through direct formulas/definitions is 18%, the percentage who can understand through examples varies the formula / definition as much as 21%. The profile of the stages of the mathematical literacy process corresponds to the ability to understand the concept of limit function, meaning that in the process of mathematical literacy students who use stages are able to use formulas/definitions directly, understanding the concept of limit function is also good.


Keywords


Mathematical Literacy Process, Student Understanding, Functional Limits

Full Text:

PDF

References


Abidah, A., Junarti, Zuhriah, F. (2022). Profil Literasi Matematis dan Gaya Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 17 Desember 2022. pp. 141-150.

Hidayat, A. (2015). Unsur-unsur intrinsik dan nilai-nilai psikologis dalam naskah drama “matahari di sebuah jalan kecil” karya Arifin C Noor sebagai alternatif pemilihan bahan ajar sastra di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 1-6. Doi: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v5i2.183.

Junarti, Zainudin, M., & Utami, A.D. (2022). The sequence of algebraic problem-solving paths: Evidence from structure sense of Indonesian student. Journal on Mathematics Education, 13(3): 437-464. https://doi.org/10.22342/jme.v13i3.pp437-464

Junarti, Zainudin, M. (2022). Strategi Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 9(2): 107-123.

Khamidah, K. & Suherman. (2016). Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2): 231 – 248.

Novotná, J., Stehlíková, N., & Hoch, M. (2006). “Structure sense for university algebra” dalam J. Novotná, H. Moraová, M. Krátká, & N. Stehlíková (Eds.), Proceedings of the 30th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education.. Prague, Czech Republic: PME. Vol. 4. Hlm. 249-256.

Oktac A. (2016). “Abstract Algebra Learning:Mental Structures, Definitions, Examples, Proofs and Structure Sense”. Annales De Didactique Et De Sciences Cognitives, 21: 297 -316

Pratiwi, S.Y. (2021). Peningkatan Literasi Matematika Pada Mata Pelajaran Limit Fungsi Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas XI MIPA 4 Semester 2 SMA Negeri 1 Subah Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Purwanto, W.R., Sukestiyarno, Y.L., Junaedi, I. (2019). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Persepektif Gender. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Rivas, S.F., Saiz, C., & Ossa, C. (2022). Metacognitive Strategies and Development of Critical Thinking in Higher. Frontiers in Psycology, 13:913219. doi: 10.3389/fpsyg.2022.913219.

Simin, Yani T. A., Bistari. (2022). Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dari Struktur Kognitif pada Konsep Limit Fungsi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1): 48-57.

Simin, Yani T. A., Rosnita. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Limit Fungsi Untuk Menguatkan Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Struktur Kognisi, Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 6(2): 64-69. DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v6i2.2534

Sukma, Y., Supriyono, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Limit Fungsi Aljabar Menggunakan Discovery Learning Di SMAN 10 Palembang. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2): 13-24.

Syahdela, A.A, Junarti, Zuhriah, F. (2022). Profil Literasi Matematis dan Profil Hasil Belajar Matematika menggunakan Media Pembelajaran Quizizz pada Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 17 Desember 2022. pp. 205-214.

Syarifah, L.L., Yenni, Dewi, W.K. (2020). Analisis Soal-Soal Pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas XI Ditinjau Dari Aspek Kognitif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2): 1259-1272. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.335.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.