Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
abstrak— Ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan telah berkembang pesat dari waktu ke waktu. Indonesia sudah menggunakan teknologi untuk mempermudah pekerjaan termasuk dalam sektor pendidikan. Tuntutan global menuntut pendidikan supaya menyesuaikan perkembangan teknologi dalam peningkatan mutu pendidikan terutama dalam proses pembelajaran. Implementasi teknologi dalam pembelajaran dapat menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini bahwa adanya teknologi dalam pendidikan adalah untuk memudahkan siswa dalam mempelajari materi matematika. Metode yang digunakan adalah studi pustaka (library research) yang merupakan penelitian dengan cara menganalisis sumber data. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari artikel hasil penelitian yang sudah dipublikasi dalam jurnal nasional. Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika.Teknologi merupakan ilmu pengetahuan yang berupa hardware dan software yang digunakan untuk memudahkan dan membantu mencapai tujuan manusia. simpulan penelitian ini bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran sangat bermanfaat untuk siswa. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran bertujuan untuk mendorong peningkatan mutu pendidikan di era sekarang.
Kata kunci— Teknologi, Pembelajaran, Matematika.
Abstract— Cience in the world of education has developed rapidly from time to time. Indonesia has used technology to facilitate work, including in the education sector. Global demands demand that education adjust to technological developments in improving the quality of education, especially in the learning process. The implementation of technology in learning can use learning media. The purpose of this research is that the existence of technology in education is to make it easier for students to learn math material. The method used is library research which is research by analyzing data sources. The data source used is secondary data obtained from research articles that have been published in national journals. The results of this study explain the use of technology in learning mathematics. Technology is knowledge in the form of hardware and software that is used to facilitate and help achieve human goals. The conclusion of this study is that the use of technology in learning is very beneficial for students. The use of technology in learning aims to encourage the improvement of the quality of education in the current era.
Keywords— Technology, Learning, Mathematics
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abi, A. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1-6. http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75.
Adlini, MN, Dinda, AH, Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, SJ (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan , 6 (1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
Ahmad Taufik, Gunawan Sudarsono, Budiyantara, I Ketut Sudaryana, & Tupan Tri Muryono. (2022). Pengantar Teknologi Informasi. Drestanta Pelita Indonesia Press, 6(1), 1–113. Retrieved from http://badanpenerbit.org/index.php/dpipress/article/view/18.
Akbar, EP, Saerang, IS, & Maramis, JB (2019). Modal reaksi pasar terhadap pengumuman kemenangan Presiden Joko Widodo berdasarkan Keputusan KPU Pemilu Periode 2019-2024 (Studi pada perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). , 6 (2). https://doi.org/10.35794/jmbi.v6i2.26169.
Cholik, C. A. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), 21-30. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/268471916.pdf.
Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204-214. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781.
Frananda, M., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk Memenuhi Kebutuhan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.2868.
Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran PAUD. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1). 10.24235/awlady.v2i1.762.
Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i2.1917.
Husaini, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan (e-education). MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 2(1). Retrieved from http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/mikrotik/article/view/314.
Huzaimah, P., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika , 5 (1), 533-541. Diambil dari Retrieved from https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537.
Ikhbal, M., & Musril, H. A. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android. Information Management For Educators And Professionals: Journal of Information Management, 5(1), 15-24. https://doi.org/10.51211/imbi.v5i1.1411.
Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(05), 148-156. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69.
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.34.
Kusumawati, E., & Irwanto, R. A. (2016). Penerapan metode pembelajaran drill untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2289.
Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan pendidikan jasmani dalam pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616.
Nyoman, N. G. (2022). Pentingnya filsafat dalam matematika bagi mahasiswa pendidikan matematika. Journal of Arts and Education, 2(1). https://doi.org/10.33365/jae.v2i1.64.
Pebriana, P. (2017). Peningkatan hasil belajar matematika dengan menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) pada siswa kelas V SDN 003 Bangkinang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika , 1 (1), 68-79. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.9.
pembelajaran matematika di sekolah menengah. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 31-38. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.2793.
Suminar, D. (2019, May). Penerapan teknologi sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sosiologi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 774-783). Retrieved from http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5886.
Suryani, N. (2016, January). Pengembangan media pembelajaran berbasis IT. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan. http://dx.doi.org/10.17977/um020v10i22016p186.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213-224. http://dx.doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.