Penggunaan Aplikasi Microsoft Mathematics dalam Pembelajaran Matematika

Arum Nurdiana, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Aplikasi microsoft mathematics adalah aplikasi sejenis kalkulator yang memiliki fitur lebih lengkap, aplikasi ini memberikan solusi dengan langkah - langkah yang dapat membantu pengguna memecahkan soal matematika, kimia, fisika, dengan mudah, cepat dan akurat.  Aplikasi microsoft mathematics memiliki beberapa versi, yaitu microsoft math 1.0, microsoft math 2.0, microsoft math 3.0, dan microsoft mathematics 4.0. Peneliti menggunakan  metode library research (study pustaka), yaitu serangkaian kegiatan pengumpulan data pustaka yang bersumber dari buku untuk menjawab rumusan masalah. Teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder, bersumber dari artikel dan buku yang sudah dipublikasikan di jurnal nasional. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi microsoft mathematics sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran, karena memiliki fitur yang menarik dan dapat pula menyelesaikan soal yang sulit.

 Kata kunci— Aplikasi, Microsoft Mathematics, Pembelajaran Matematika.

 

Abstract— The Microsoft Mathematics application is a calculator-like application that has more complete features, this application provides solutions with steps that can help users solve math, chemistry, physics problems easily, quickly and accurately. The Microsoft Mathematics application has several versions, namely Microsoft Math 1.0, Microsoft Math 2.0, Microsoft Math 3.0, and Microsoft Mathematics 4.0. Researchers used the library research method (library study), which is a series of library data collection activities sourced from books to answer the problem formulation. Data collection techniques use secondary data, sourced from articles and books that have been published in national journals. The results of this study are that the Microsoft Mathematics application is very helpful in learning activities, because it has interesting features and can also solve difficult problems.

Keywords— Applications, Microsoft Mathematics, Learning Mathematics


Keywords


Applications, Microsoft Mathematics, Learning Mathematics

Full Text:

PDF

References


Andriani, P. (2009). Penggunaan Microsoft Math 3.0 dalam pembelajaran matematika. in prosiding seminar nasional penelitian, pendidikan, dan penerapan MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 6, pp. 493-496). Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/3350052.pdf.

Auliya, R. N., Pinahayu, E. A. R., & Adnyani, L. P. W. (2020). Pemanfaatan Microsoft Mathematics 4.0 dalam pengembangan pembelajaran matematika di SMA/SMK. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 107-114. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/304913877.pdf .

Ekawati, A. (2016). Penggunaan software GeoGebra dan Microsoft Mathematic dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 48-53. Retrieved from https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/download/43/3 .

Hernawati, K. (2021). Menggambar grafik dengan Microsoft Mathematic 4. jurusan pendidikan matematika FMIPA UNY, 20. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/kuswari-hernawati-ssi-mkom/menggambar-grafik-2d-dengan-microsoft-math.pdf .

Hikmah, S. N., & Maskar, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi Microsoft Powerpoint pada siswa smp kelas viii dalam pembelajaran koordinat kartesius. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, (), 5-9. Retrieved from http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/25 .

Kristanto, V. H. (2013). Menentukan luas daerah di bawah kurva eksponen menggunakan Microsoft Mathematics 4.0. Widya Warta, 37(01). Retrieved from http://portal.widyamandala.ac.id/jurnal/index.php/warta/article/view/141.

Qurniati, N. (2021). Penerapan Aplikasi Microsoft Mathematics pada Pembelajaran Matematika bagi Siswa SMKS-9 Muhammadiyah Kota Bengkulu. MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem), 88-92. Retrieved from http://www.ejournal.ust.ac.id/index.php/Jurnal_Means/article/view/53 .

Rizki, F. (2019). Pengembangan bahan ajar matematika berbantuan aplikasi Microsoft Mathematics pada siswa kelas XI (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/5530//SKRIPSI%20FITRIA%20RIZKI.pdf .

Siwi, E. F., & Setiawan, Y. (2021). Pengembangan buku cegahan IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2220-2230. Retrieved from http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/57 .

Veliani, S. L., Kartini, H., Zikri, F., & Harahap, E. (2021). Analisis pemecahan persoalan matriks menggunakan Microsoft Mathematics. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 20(), 27-34. Retrieved from https://journals.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/375 .

Wulandari, S. (2020). Media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat siswa belajar matematika di smp bukit sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), (2), 43-48. Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/ijtis/article/view/489 .

Zaman, A. A. (2019). Analisis konsep kesebangunan segitiga Ibnu Haitsam dalam risalah Fii Syakli Bani Musa: Studi literatur naskah terjemahan: On a Proposition of the Banu Musa (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Retrieved from https://etheses.uinsgd.ac.id/20959/ .

Zamnah, L. N., & Ruswana, A. M. (2021). Pendampingan mata pelajaran matematika untuk siswa pra sejahtera dengan menggunakan software microsoft mathematic. Indonesian Journal of Community Service, (), 20-24. Retrieved from http://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/7 .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.