Analisis Nilai Moral pada Novel Penaka Karya Altami N. D dan Hubungannya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Rahma Luthfiastuti Ahmadi, Joko Setiyono, Sujiran Sujiran

Abstract


 abstractKarya sastra diciptakan selain untuk memberikan hiburan atau kesenangan, juga dapat menjadi sarana penanaman nilai moral. Keberadaan nilai moral dalam sastra diharapkan mampu memunculkan nilai-nilai positif bagi  pembaca, sehingga mereka peka terhadap masalah yang berkaitan dengan kehidupan sosial dan mendorong untuknya berperilaku baik. Berbicara tentang nilai moral, penelitian nilai moral pada novel di sini bertujuan untuk mengetahui wujud serta bentuk penyampaian nilai moral yang terkandung dalam novel Penaka karya Altami. N. D dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Penaka karya Altami. N. D yang memiliki tebal 215 halaman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan study naskah. Sedangkan untuk hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa novel Penaka memiliki banyak wujud nilai moral yang bisa dijadikan sebagai contoh kepada penikmat karya sastra dalam berperilaku di kehidupan sehati-hari.

Kata kunciNilai Moral, Novel.

 

 Abstract—Literary works collected in addition to providing entertainment or pleasure, also become a means of obtaining moral values. Moral added value in literature is expected to be able to bring up positive benefits for readers so that they are sensitive to problems related to social life and encourage good be havior. Talking about moral values, research on moral values in the novel here aims to study the forms and forms of converying moral values contained in the novel Penaka by Altami. N. D in daily life. The research suggestions used are qualitative suggestions. In this study, the data source used in this study is the small letter to Penaka novel by Altami. N. D which has a thickness of 215 pages. Data collections techniques in this study used research texts. The results of the research show that Altami. N. D has many forms of moral values that can be made at examples for literary behaving in everyday life.

 Keywords—Moral Values, Novel.


Keywords


Moral Values, Novel.

Full Text:

PDF

References


Ahyar, J. 2019. Apa itu Sastra: Jenis-jenis karya sastra dan bagaimanakah cara menulis dan mengapresiasi sastra. Yogyakarta: Deepublish.

Al Ma’ruf, Ali Imron dan Farida Nugraeni, 2017. Pengkajian sastra: Teori dan aplikasi. Surakarta: CV Djiwa Amarta Press.

Moloeng, J. Lexy. 2017. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.