Penerapan Ilmu Matematika dalam Kehidupan

Anika Rahma Dini, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Matematika dan aktivitas manusia seperti himpunan yang taksaling lepas. Keduanya saling mempengaruhi hingga terjadi pengembangan disegala aspek, penelitian ini untuk memudahkan Pemahaman masyarakat untuk, menyelesaikan konflik kecil manusia, dan membuat pelanggan berfikir kritis terhadap pembelian mereka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan. Metode penelitian pustaka adalah suatu teknik yang berhubungan dengan pengumpulan data pustaka (library research). Yang bersumber dari buku-buku dan Internet. Untuk membantu masyarakat dalam pembelian di marketplace yang menjual kebutuhan sehari-hari diantaranya fassion,alat alat rumah tangga dan bahan pokok lainya, Ilmu matematika dapat digunakan masyarakat sebagai alat analisis dalam perencanaan, pembelian, penjualan, permintaan, dan peramalan.

Kata kunci— Penerapan Matematika, Pembelian, Masyarakat

 

 

Abstract— Mathematics and human activity are like inseparable sets. Both influence each other so that development occurs in all aspects, this research is to facilitate public understanding, resolve small human conflicts, and make customers think critically about their purchases. This study uses library research methods. The library research method is a technique related to library data collection (library research). Sourced from books and the Internet. To assist the community in purchasing in marketplaces that sell daily necessities including fassion, household appliances and other staples, mathematics can be used by the community as an analytical tool in planning, buying, selling, demand and forecasting.

Keywords— Application of Mathematics, Purchasing, Society


Keywords


Application of Mathematics, Purchasing, Society

Full Text:

PDF

References


Barus, M. D. B., & Azzahra, A. S. (2020). Analisis Aplikasi Dan Penerapan Matematika Pada Ilmu Ekonomi Fungsi Permintaan Dan Penawaran. Jurnal akuntansi bisnis dan publik, 11(1), 103-114. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/akuntansibisnisdanpublik/article/view/961/903.

Dewi, A. C. N. I. (2023). Penerapan ideologi dan tujuan pendidikan matematika secara epistemologi dalam kurikulum merdeka belajar. Jurnal pionir, 9(1). https://doi.org/10.36294/pionir.v9i1.3324.

Frananda, M., Kurnia, M. D., Jaja, J., & Hasanudin, C. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk Memenuhi Kebutuhan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.2868.

Richardo, R. (2017). Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118-125. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125.

Siregar, R., & Dewi, I. (2022). Peran Matematika dalam Kehidupan Sosial Masyarakat. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 77-89. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1888.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.