Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Menulis Iklan pada Siswa

Shita Dwi Putri, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak—Canva merupakan aplikasi desain grafis yang memiliki berbagai fitur pengeditan,alat desain yang lengkap dan mudah diakses dan pengguna dapat mengedit gambar, poster dengan mudah, serta memiliki fitur canggih seperti menggambar online. Oleh karena itu, canva menyediakan banyak fitur, menghemat waktu dalam mempelajari media secara aktual, dan canva digunakan tidak hanya menggunakan laptop, tetapi bisa menggunakan smartphone untuk mendesain iklan. metode penelitian yang digunakan untuk menggunakan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran menulis iklan bagi siswa yaitu: 1) Metode Deskriptif Kualitatif: Metode ini mengumpulkan data melalui observasi, experiential learning, dan angket untuk mendeskripsikan siswa yang belajar menulis iklan melalui media aplikasi Canva, 2) Metode kuantitatif: Metode ini digunakan untuk mengukur dampak penggunaan aplikasi Canva terhadap hasil penulisan iklan poster siswa. Sehingga, fitur-fitur Aplikasi canva dimanfaatkan oleh pembelajaran menulis iklan mempunyai langkah langkah penelitian sebagai berikut: 1) Install canva pada play store, 2) Kemudian klik cari atau telunsuri dan ketik “canva”, 3) setelah install, kemudian ikuti instruksi login menggunakan email, 4) setelah aplikasi canva terbuka tampilan normal di bagian pilih template iklan, 5) unggah logo, foto, klip video dan elemen desain lain, 6) simpan dan bagikan. Berdasarkan aplikasi canva dapat mudah digunakan dan merupakan elemen desain yang sangat terkenal dikalangan milenial.

Kata kunci— Menulis, Media pembelajaran, Aplikasi Canva

 

 

Abstract—Canva is a graphic design application that has various editing features, complete and easily accessible design tools and users can easily edit images, posters, and has advanced features such as online drawing. Therefore, Canva provides many features, saves time in learning the actual media, and canva is used not only using a laptop, but can use a smartphone to design advertisements. The research methods used to use the Canva application as a learning medium for writing advertisements for students are: 1) Qualitative Descriptive Method: This method collects data through observation, experiential learning, and questionnaires to describe students who learn to write advertisements through the Canva application media, 2) Method quantitative: This method is used to measure the impact of using the Canva application on the results of writing student poster ads. Thus, the features of the Canva application utilized by learning to write advertisements have the following research steps: 1) Install Canva on the Play Store, 2) Then click search or search and type "canva", 3) after install, then follow the login instructions using email, 4) after canva app opens normal view in select ad template section, 5) upload logo, photos, video clips and other design elements, 6) save and share. Based on the Canva application, it is easy to use and is a very popular design element among millennials.

Keywords— Writing, Learning Media, Canva Application

Keywords


Writing, Learning Media, Canva Application

Full Text:

PDF

References


Angin, T. B. B., & Syahrul, R. (2015). Pengembangan modul berbasis pendekatan konstektual pada materi menulis iklan di kelas viii SMP 2 Padangsidimpuan Sumatera Utara. Jurnal universitas unp, 3(1), 48-53. ISSN 2302-7584.

Chamidah. (2022). Pelatih pengguna aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal abdimas siliwangi, 4(2), 335-343. 2614-6339.

Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2019). Penggunaan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran inovatif disekolah dasar. Jurnal of primary educational, 2(2), 48-53. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15100.

Irawati, L. (2022). Pembelajaran menulis iklan melalui media blog pada siswa kelas VIII-A SMPN 1 Ngluyu Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk. Jurnal pendidikan multidisipliner, 1(2), 166-177. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/WEWARAH.

Nurdiyansyah (2019). Media pembelajaran inovatif. Sidoarjo: Umsida Press.

Putri, S. M., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan aplikasi canva untuk menunjuk pembelajaran menulis puisi di SMP. Jurnal prosiding senada (Seminar Nasional Daring), 2(1), 47-54. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/issue/view/35/showToc.

Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia 7(1), 335-343. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4292.

Shobirin, M. (2021). Penerapan Metode Driil Practice untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Iklan pada Siswa Kelas V SDN Bendo. Jurnal educatio FKIP UNMA, 7(4), 1337-1343. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1463.

Sani, R. A. (2022). Inovasi pembelajaran. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.