Evaluasi Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Muhammad Zainul Mustofa, Joko Setiyono

Abstract


abstrak— Kajian ini bertujuan untuk mendekripsikan penerapan kurikulum merdeka belajar pada sekolah dasar dimana anak diperbolehkan mencari kebebasan dalam menentukan jalannya pembelajaran dengan tetap memperhatikan standar kompetensi yang akan dicapai. Kebebasan jalannya belajar seperti siswa dapat menentukan topik yang akan dibahas, pemilihan metode pembelajaran yang ingin mereka gunakan, dan mengikuti program belajar yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.  Metode dalam kajian penelitian ini menggunakan literature review dari beberapa jurnal yang sudah terakreditasi terkait dengan evaluasi penerapan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Hasil kajian dalam penelitian ini merupakan sebuah artikel konseptual yang bersumber dari review jurnal bereputasi. Hasil review atau telaah literatur mengindikasikan bahwa tidak semua sekolah dasar mampu menerapkan kurikulum merdeka belajar namun sekolah  masih  berupaya  beradaptasi  dengan  kurikulum  baru  sehingga  penerapan kurikulum merdeka belum sepenuhnya tercapai. Salah satu aspek yang perlu diadaptasi kembali oleh sekolah ialah aspek ujian serta pembelajaran. Aspek ujian atau penilaian memiliki kriteria spesifik yakni menyesuaikan ketercapaian peserta didik dan hal itu menjadi poin perhatian oleh sekolah.

Kata kunci—kurikulum, merdeka belajar, siswa

 

Abstract— This study aims to describe the implementation of the independent learning curriculum in elementary schools where children are allowed to seek freedom in determining the course of learning while still paying attention to the competency standards to be achieved. Freedom in the course of learning as students can determine the topics to be discussed, choose the learning methods they want to use, and follow learning programs that suit their interests and needs. The method in this research study used literature reviews from several accredited journals related to the evaluation of the implementation of the independent curriculum in elementary schools. The results of the study in this study is a conceptual article that originates from a review of a reputable journal. The results of a review or review of the literature indicate that not all elementary schools are able to implement the independent learning curriculum but schools are still trying to adapt to the new curriculum so that the implementation of the independent curriculum has not been fully achieved. One aspect that needs to be readjusted by schools is the aspect of exams and learning. The exam or assessment aspect has specific criteria, namely adjusting the achievement of students and this is a point of concern for the school.

Keywords— curriculum, independent learning, students


Keywords


curriculum, independent learning, students

Full Text:

PDF

References


Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022). Analisis evaluasi program kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 686-692. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5302.

Hasim, E. (2020). Penerapan kurikulum merdeka belajar perguruan tinggi di masa pandemi covid-19. E-Prosiding Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 68-74. Retrieved from https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/403.

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80-86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174.

Martono, S., Yulianto, A., Witiastuti, R. S., & Wijaya, A. P. (2020). The role of institutional ownership and industry characteristics on the propensity to pay dividend: An insight from company open innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(3), 1-16. https://doi.org/10.3390/joitmc6030074.

Melati, P. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Sekolah Dasar Mempengaruhi Pada Hasil Evaluasi Belajar Peserta Didik. Proceedings Series of Educational Studies, 1(1) 263-272. Retreived from http://conference.um.ac.id/index.php/pses/article/view/7893.

Triwiyanto, T. (2019). Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.