Analisis Nilai- Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Utama dalam Novel Dua Sisi Karya Inggrida Tyas

Pingkan Sovikhatuz Putri, Sutrimah Sutrimah, Fitri Nurdianingsih

Abstract


Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Dua Sisi karya Inggrida Tyas. Merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik membaca dan mencatat. Pengecekan keabsahan data menggunakan triagulasi. Berdasarkan analisis data nilai-nilai pendidikan karakter tokoh utama Bisma dan Kekasih  mempunyai 10 nilai- nilai pendidikan karakter yaitu nilai pendidikan karakter religius (9) data, nilai pendidikan karakter jujur (2) data, nilai pendidikan karakter kerja keras (5) data,nilai pendidikan karakter kreatif (1) data, nilai pendidikan karakter mandiri (3) data, nilai pendidikan karakter menghargai prestasi (3) data, nilai pendidikan karakter komunikatif dan bersahabat (6) data, nilai pendidikan karakter cinta damai (1) data, nilai pendidikan karakter gemar membaca (1) data, dan nilai pendidikan karakter peduli sosial (6) data.

Kata kunci—Nilai-nilai pendidikan karakter, tokoh utama,novel

 

Abstract— The research to describe the character education values in the novel Dua Sisi by Inggrida Tyas. This research is a qualitative descriptive research. Data collection techniques use reading and note-taking techniques. Data validity checking uses triagulation. Based on data analysis, the character education values of the main character Bisma and Kekasih have 10 character education values, namely religious character education values (9) data, honest character education values (2) data, hard work character education values (5) data, creative character education values (1) data, independent character education values (3) data, character education values respect for achievement (3) data, communicative and friendly character education values (6) data, peace-loving character education values (1) data, character education values love to read (1) data, and social care character education values (6) data.

Keywords— Character education values, main character, novel.


Keywords


Character education values, main character, novel.

Full Text:

PDF

References


Alif, A. L. S. (2020). Nilai religi Najib Mahfudz dalam novel Aulad Haratina Qissah Rifa'ah (Kajian Sosiologi Sastra Karya Wellek dan Warren). Alfaz (Arabic Literatures for Academic Zealots), 8(2), 118-137.

Hutahaean, D. P. (2020). Analisis unsur-unsur intrinsik dan nilai pendiidkan dalam novel Anak Rantau pada karya Ahmad Fuadi.

Moleong, L. J., & Edisi, P. R. R. B. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan karakter menurut kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50-57.

Prakusya, A. S. (2022). Karakterisasi tokoh utama dan nilai-nilai pendidikan dalam novel dua panglima karya Suci Amalia dan hubungannya dengan pembelajaran bahasa Indonesia Di Sma. Edutama.

Saputri, L. C., & Laeliyah, Y. N. (2021). Nilai pendidikan karakter pada novel perahu kertas karya Dewi Lestari. Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 88-101.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.