Pemanfaatan Alat Peraga sebagai Penunjang Pembelajaran Matematika

Lidia Puspitasari, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstrak— Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang melibatkan banyak komponen didalamnya, guru menjadi faktor penting agar dapat terselenggaranya suatu proses pembelajaran. Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep belajar siswa. Sistem dalam penulisan ini menggunakan penelitian kepustakaan, suatu teknik pengumpulan informasi dengan memahami dan menggali spekulasi dalam karya tulis yang berbeda. Sumber data yang dipakai ialah data sekunder diperoleh dari artikel penelitian yang diterbitkan jurnal nasional sebagai sumber data. Hasil dari penelitian ini menghasilkan 6 poin manfaaat dan 5 poin cara yang bisa dilakukan untuk membuat suatu alat perga bisa diterapkan dalam proses pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah alat peraga diharapkan dapat mendorong siswa, dalam terciptanya pembelajaran yang efektif dan menjadi solusi bagi siswa yang tidak menyukai matematika.

Kata kunci— Proses Pembelajara, Alat Peraga

 

 

Abstract— The learning process is an activity that involves many components in it, the teacher is an important factor for the implementation of a learning process. The purpose of this research is to increase motivation and understanding of students' learning concepts. The system in this writing uses library research, a technique of gathering information by understanding and exploring speculation in different papers. The data source used is secondary data obtained from research articles published in national journals as data sources. The results of this study yield 6 points of benefits and 5 points of ways that can be done to make a visual aid applicable in the learning process. The conclusion of this study is that teaching aids are expected to encourage students to create effective learning and become a solution for students who do not like mathematics.

Keywords—Learning Process, Teaching Aids

 


Keywords


Learning Process, Teaching Aids

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan Edumaspul, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta, 2(1), 34-40. https://core.ac.uk/download/pdf/235121792.pdf.

Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Tarbawiyah, 11(1), 1-15. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/356.

Murdiyanto, T., & Mahatma, Y. (2014). Pengembangan Alat Peraga Matematika untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(1), 38-43. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.07.

Musa, L. (2018). Alat Peraga Matematika. Sulawesi Selatan: Aksara Timur.

Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 34-38. https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80.

Sugiman. (2022). Penggunaan Alat Peraga untuk Pembelajaran Matematika bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jawa Tengah: Lakeisha.

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Malang: UMMPress.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.