Siswa Kurang Mendapatkan Perhatian dari Orang Tua: Studi Kasus Siswa SMP
Abstract
abstrak—Penelitian ini mempunyai sebuah tujuan yaitu untuk mengetahui penyebab siswa yang kurang mendapatkan perhatian dari orang tua dan untuk mengetahui tindakan atau treatment yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dan menggunakan teknik analisis data deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner orang tua. Penyebab kurangnya perhatian orang tua terhadap anak yaitu terletak pada kesalahan cara asuh orang tua terhadap anak, faktor pendidikan, dan faktor lingkungan. Kurangnya perhatian dari orang tua sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa menjadi menurun. Jadi, guru bimbingan dan konseling wajib memberikan layanan seperti layanan konseling individu dan konseling kelompok guna untuk mengentaskan permasalahan pada siswa.
Kata kunci—orang tua, siswa
Abstract—This research has a goal, namely to find out the causes of students who do not get enough attention from parents and to find out the actions or treatment carried out by guidance and counseling teachers. The method used in this research is a case study method and uses descriptive data analysis techniques. Data collection in this study used observation, interviews and parental questionnaires. The cause of the lack of attention of parents towards children lies in the wrong way of parenting of children, educational factors, and environmental factors. Lack of attention from parents greatly affects student learning achievement to decrease. So, guidance and counseling teachers are required to provide services such as individual counseling services and group counseling in order to solve problems in students.
Keywords—parents, students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, D., Rivaie, W., & Ibrahim, Y. (2013). Analisis peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(6). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i6.2144
Dalimunthe, P. A. (2017). Peserta didik dalam perspektif pendidikan Islam. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 3(2). http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v3i2.1326
Daradjat, Z., & Danim, S. A. (2019). Peran Orang Tua 1. Pengertian Orang Tua. Institut agama islam negeri (iain) metro 1441 H/2019 M, 10. Retrieved from https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/444/1/Skripsi_Lilia%20Kusuma%20Ningrum_PAI_1501010067%20-%20Perpustakaan%20IAIN%20Metro.pdf#page=24
Fiantika, R. F, dkk. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Sumatra Barat: PT. Global Eksekutif Teknologi
Handayani, L. T. (2018). Kajian etik penelitian dalam bidang kesehatan dengan melibatkan manusia sebagai subyek. The Indonesian Journal of Health Science, 10(1). https://doi.org/10.32528/the.v10i1.1454
Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. (2020). Perilaku dan karateristik peserta didik berdasarkan tujuan pembelajaran. MANAZHIM, 2(1), 105-117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638
Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran orang tua dan pendidik dalam menerapkan perilaku disiplin terhadap anak usia dini. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2), 187-198. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2688
Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan metode studi kasus YIN dalam penelitian arsitektur dan perilaku. Inersia: Jurnal Teknik Sipil dan Arsitektur, 16(1), 92-104. https://doi.org/10.21831/inersia.v16i1.31319
Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1). http://dx.doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1825
Ruli, E. (2020). Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143-146. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/428
Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran orang tua dalam miningkatkan motivasi belajar peserta didik di Sd Negeri Saribi. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 2(2), 201-212. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v2i2.607
Safitri, R. (2019). Hubungan antara group cohesion dengan social loafing pada remaja siswa SMK Negeri 8 Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya). Retrieved from https://repository.um-surabaya.ac.id/3729/
Sahir, H. S. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia
Sari, D. (2017, December). Peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1339
Wahib, A. W. A. (2014). Konsep orang tua dalam membangun kepribadian anak. Jurnal Paradigma Institut, 1(1). Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/paradigma/article/view/898
Wahidin, W. (2020). peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar pada anak sekolah dasar. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 3(1). Retrieved from https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/291
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.