Manfaat Pembelajaran Kreatif Dalam Pemahaman Matematika Terhadap Siswa

Devi Titin Sovia, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Matematika merupakan sebuah cabang dari ilmu pengetahuan yang didalamnya memuat banyak sekali rumus-rumus maupun penyelesaian masalah. Pembelajaran matematika kurang diminati siswa, karena pembelajaran yang kurang diminati oleh siswa dapat diatasi dengan cara membangun kreativitas pembelajaran.  Kreativitas adalah sebuah pikiran yang baru yang dapat menghasilkan sesuatu berasal dari kemampuan seseorang.  Tujuan dari artikel ini menyebutkan manfaat kreativitas dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  metode studi  pustaka  (library  research) dengan mengumpulkan berbagai data yang diambil dari banyak jurnal. Hasil dari artikel ini menyebutkan beberapa manfaat dari pembelajaran kreatif. Simpulan artikel ini menyebutkan manfaat pembelajaran kreatif dalam pemahaman matematika terhadap siswa.

Kata kunci— Matematika, Kreatif

 

 

Abstract—Mathematics is a branch of science which contains a lot of formulas and problem solving. Mathematics learning is less attractive to students, because learning that is less attractive to students can be overcome by building learning creativity. Creativity is a new mind that can produce something that comes from one's abilities. The purpose of this article is to mention the benefits of creativity in learning. The research method used in this study is the library research method by collecting various data taken from many journals. The results of this article mention some of the benefits of creative learning. The conclusion of this article mentions the benefits of creative learning in students' understanding of mathematics.

Keywords— Math, Creative


Keywords


Math, Creative

Full Text:

PDF

References


Frandika, E., & Idawati, I. (2020). Tindak Tutur Ilokusi dalam Film Pendek “Tilik (2018)”. Pena Literasi, 3(2), 61-69. https://doi.org/10.24853/pl.3.2.61-69.

Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, MZ (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Sastra Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 97-109. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190. Retrieved from https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/download/47/41.

Kesumawati, N. (2008). Memahami konsep matematika dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3), 231-234. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/61579377/konsep_matematis20191221-53493-1p7iulq.pdf?1576989775=&response-content.

Pentury, H. J. (2017). Pengembangan kreativitas guru dalam pembelajaran kreatif pelajaran Bahasa Inggris. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 265-272.http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v4i3.1923

Rahmawati, F. (2013). Pengaruh pendekatan pendidikan realistik matematika dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Prosiding Semirata 2013, 1(1). Retrieved from https://jurnal.fmipa.unila.ac.id/semirata/article/view/882

Sumarmo, U. (2011). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter. In Prosiding seminar nasional pendidikan matematika STKIP Siliwangi Bandung. 1, pp. 22-33). Retrieved from https://www.academia.edu/download/45366235/Prof.-Dr.-Utari-Sumarmo.pdf.

Sani, R. A. (2022). Inovasi pembelajaran. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.