Evaluasi Pembelajaran Kreatif dan Inovatif pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Milenial

Aurella Orchitama Puteri, Dhila Kusuma Wardani, Joko Setiyono

Abstract


abstrak—Evaluasi pembelajaran pada pelajaran bahasa Indonesia diera milenial ini mampu meningkatkan kualitas siswa menjadi kreatif dan inovatif. Dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka atau literatur research yang mengarahkan pada sumber penelitian, informasi, serta dokumen berkaitan dengan penelitian. Sehingga penelitian yang terdapat pada pembelajaran bahasa Indonesia diera milenial sangat berguna dan bermanfaat. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam meningkatkan proses pembelajaran dengan mengubah metode pengajaran yang lebih tepat pada siswa. Evaluasi pembelajaran ada 4 fungsi yang di gunakan untuk menentukan kemampuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu fungsi selektif, fungsi diagnostik, fungsi penempatan, fungsi pengukuran keberhasilan.

Kata kunci—evaluasi, kreatif, inovatif, milenial

  

Abstract—he literature study method or research literature that directs to research sources, information, and documents related to research. So that the research contained in learning Indonesian in the millennial era is very useful and beneficial. Learning evaluation aims to improve the learning process in improving the learning process by changing teaching methods that are more appropriate for students. There are 4 learning evaluation functions that are used to determine ability in learning Indonesian, namely the selective function, the diagnostic function, the placement function, and the success measurement function.

Keywords— evaluation, creative, innovative, millennial


Keywords


evaluation, creative, innovative, millennial

Full Text:

PDF

References


Ardana, N. A. D. I., &Purwoko, B. (2018). Studi kepustakaan penerapan konseling naratif dalam lingkup pendidikan (Doctoral dissertation, State University of ofSurabaya). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/23226.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Aulia, R. N., Rahmawati, R., &Permana, D. (2020). Peranan penting evaluasi pembelajaran Bahasa di sekolah dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan InovasiPendidikan), 2(1), 1-9. Retrieved from https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/22.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46-62. Retrieved from: http://www.yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/meyakinkan-validitas-data-melalui-triangulasi-pada-penelitian-kualitatif.pdf.

Bamualim, M. (2020). Kedudukan dan tujuan evaluasi pembelajaran bahasa Arab.Jurnal Al-Fawa'id: Jurnal Agama dan Bahasa, 10(2), 1-9. Doihttps://doi.org/10.54214/alfawaid.Vol10.Iss2.141.

Bektiarso, S. (2015). Strategi pembelajaran. Yogyakarta, Indoneisa: LaksBang PRESSindo Yogyakarta

Damanik, R. N. (2019). Daya tarik pembelajaran berbasis blended learning di era revolusi 4.0. Digital Repository Universitas Negeri Medan, 3 ,803-809. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/37348/.

Fachri, M. (2018).Urgensi evaluasi pembelajaran dalam pendidikan. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 64-68. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i1.758.

Febriana, R. (2021). Evaluasi pembelajaran. Jakarta Timur, Indonesia: Bumi Aksara.

Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SekolahDasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajar Dasar, 2(2), 190-204. Doi https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291.

Izza, A. Z., Falah, M., &Susilawati, S. (2020). Studi literatur: Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 10-15. Retrieved from https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/452.

Jatmiko, A. J., Hadiati, E. H., & Oktavia, M. O. (2020). Penerapan evaluasi pembelajaran anak usia dini di taman kanak-kanak. Al-Athfaal: JurnalI lmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 83-97. Doi https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6875.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.v. Doi https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261.

Mansyur, U. (2018). Pembelajaran inovatif bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Fakultas Sastra. Universitas Muslim Indonesia, 6(1), 1-9.

Matondang, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran. Medan, Indonesia: Program Pascasarjana Unimed.

Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast sebagai media pembelajaran di era milenial. Jurnal Golden Age, 3(02), 126-135. Retrieved from http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/1720.

Putri, D. P. E. (2019). Implementasi E-learning sebagai media pembelajaran pada era milenial. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 86-92. Doi https://doi.org/10.32923/tarbawy.v6i2.1238.

Ratnawulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran. Bandung, Indonesia: Pustaka Setia.

Setiawan, A. & Sulistiani, I. R. (2019).Pendidikan nilai, budaya, dan karakter dalam pembelajaran matematika dasar pada SD/MI. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 41-56. Doi http://dx.doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2767.

Sumarsono, P., Inganah, S., Iswatiningsih, D., & Husamah. (2020). Belajar dan pembelajaran di era milenial. Malang, Indonesia: UMMPress.

Wibowo, H. S. (2015). Metode evaluasi pembelajaran inklusif bagi peserta didik difabel netra. Inklusi, 2(1), 87-108. https://doi.org/10.14421/ijds.020105.

Yuniastuti, M., & Khoiron, M. (2021). Media pembelajaran untuk generasi milenial. Surabaya: Scorpindo Media Pustaka.

Yuwono, I., &Mirnawati, M. (2021). Strategi pembelajaran kreatif dalam pendidikan inklusi di jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2015-2020. Doi https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1108.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.