Faktor yang Mempengaruhi Siswa Kurang Memanfaatkan Layanan Bimbingan dan Konseling

Sholikhatun Maghfiroh, Windar Adi Susilo, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengengaruhi siswa kurang memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.  Pemilihan subyek penelitian menggunakan sampling by interviewing guidance counseling teachers, seorang guru bimbingan konseling SMA Negeri 1 Pulokulon. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan konselor di SMA Negeri 1 Pulokulon. Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa kurang memanfaatkan layanan BK yang berupa pengaruh lingkungan masyarakat, teman sebaya, dan keluarga.

Kata kunci—Siswa, Bimbingan dan Konseling

 

Abstract—This study aims to determine the factors that influence students' less use of guidance and counseling services. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The selection of research subjects used sampling by interviewing guidance counseling teachers, a counseling guidance teacher at SMA Negeri 1 Pulokulon. The data collection method uses interview techniques with counselors at SMA Negeri 1 Pulokulon. The results of the study show that the factors that influence students' less use of counseling services are the influence of the community environment, peers, and family.

Keywords— Guidance and counseling, students


Keywords


Guidance and counseling, students

Full Text:

PDF

References


Adiwisastra, M. F., Muhajir, H., & Supriadi, D. (2020). Pengukuran kesenjangan digital menggunakan metode deskriptif berbasis website. EVOLUSI: Jurnal Sains dan Manajemen, 8(2).

Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. (2021). Peran guru sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling dalam menanamkan kedisiplinan bagi peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5213-5220.

Arianto, K. N., Hasyim, A., & Yanzi, H. (2015). Pengaruh lingkungan sosial terhadap adab sopan santun siswa kelas X. Jurnal Kultur Demokrasi, 3(8).

Budiningsih, C. A. (2011). Karakteristik siswa sebagai pijakan dalam penelitian dan metode pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).

Dwiarwati, K. A., & Yeni, I. (2020). Pelatihan keterampilan konseling guru sekolah dasar negeri 4 penarukan, singaraja. Proceeding Senadimas Undiksha, 523.

Firmansyah, Y., & Kardina, F. (2020). Pengaruh new normal ditengah pandemi covid-19 terhadap pengelolahan sekolah dan peserta didik. Buana Ilmu, 4(2), 99-112.

Hermawan, A. (2014). Mengetahui karakteristik peserta didik untuk memaksimalkan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 14-25.

Jamilah, S. (2020). Bimbingan konseling dan implementasinya dalam pendidikan islam. KREATIF: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 18(1), 74-83.

Lianawati, A. (2017). Implementasi keterampilan konseling dalam layanan konseling individual. In Seminar & Workshop Nasional Bimbingan dan Konseling: Jambore Konseling (Vol. 3).

Merpati, T., Lonto, A. L., & Biringan, J. (2018). Kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa Di SMP Katolik Santa Rosa Siau Timur Kabupaten Sitaro. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 55-61.

Murtafiah, W. (2017). Profil kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam mengajukan masalah persamaan diferensial. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(2), 73-81.

Nainggolan, V. (2020, Oktober). Peran bimbingan orang tua terhadap kemandirian belajar anak di sekolah dasar. Dalam Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar

Pautina, A. R. (2017). Konsep teknologi informasi dalam bimbingan konseling. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 1-12.

Pentury, H. J. (2017). Pengembangan kreativitas guru dalam pembelajaran kreatif pelajaran Bahasa Inggris. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 265-272.

Prasetiawan, H. (2016). Konseling teman sebaya (peer counseling) untuk mereduksi kecanduan game online. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 1-13.

Rahayu, A. S. (2017). Kehidupan sosial ekonomi single mother dalam ranah domestik dan publik. Jurnal Analisa Sosiologi, 6(1), 82-99

Rahman, F. (2012). Modul ajar pengembangan dan evaluasi program bk. Yogyakarta: Universitas Yogyakarta.

Rakhmawati, I. (2015). Peran keluarga dalam pengasuhan anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1-18.

Sarwanti, A., Hasiholan, L. B., & Wulan, H. S. (2017). Pengaruh modal usaha, biaya bahan baku dan tenaga kerja terhadap kinerja usaha industri tahu di kabupaten sukoharjo. Journal of management, 3(3).

Simatupang, R. S. (2019). Aplikasi Teknik-Teknik Konseling Dalam Menangani Pecandu Narkoba di Yayasan Rehabilitasi Rumah Ummi (Doctoral dissertation, Universitas islam Negeri Sumatera Utara).

Sukowati, F. (2018). Implementasi layanan konseling individu dan kelompok dalam meminimalisir kesulitan adaptasi dan perilaku agresif siswa smp negeri 3 karangmoncol purbalingga (Disertasi Doktor IAIN).

Susanti, N., Halin, H., & Kurniawan, M. (2017). Pengaruh bauran pemasaran (4p) terhadap keputusan pembelian rumah pt. berlian bersaudara propertindo (Studi Kasus Perumahan Taman Arizona 1 Taman Arizona 2 dan Taman Arizona 3 di Talang Jambi Palembang). Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Saat Ini , 8 (1), 43-49.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Implementasi bimbingan dan konseling di sekolah dalam kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138-146.

Umiyati, D., & Susilo, M. J. (2014). Perbandingan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar antara siswa kelas X. 6 dengan kelas X. 7 pada mata pelajaran biologi materi virus (Study Kasus di SMA N 1 Sukagumiwang–Indramayu). Jurnal Penelitian Mahasiswa–Pendidikan Biologi, 1(1), 106-108.

Yuhana, AN, & Aminy, FA (2019). Mengoptimalkan peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi permasalahan belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, [SL] , 7 (1),


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.