Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Terhadap Siswa di SMA

Amelia Nur Santy, Amelya Widya Putri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Peran guru bimbingan dan konseling di sekolah ialah memberi layanan terhadap siswa supaya mereka dapat memahami, menyelesaikan masalah yang dihadapi, mengambil keputusan dan bertanggung jawab serta menjadi pribadi yang mandiri. Kedisiplinan siswa sangat bermanfaat untuk kemajuan sekolah. Sasaran subjek digunakan penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling SMA Negeri 1 Cepu. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif. Dengan langkah awal pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan pendekatan studi kasus dengan memusatkan objek tertentu. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Proses penerapan bimbingan dan konseling di sekolah memiliki beberapa cara penyelesaian, (2) Keberadaan guru bimbingan dan konseling sangat diperlukan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa, karena masih banyak siswa tidak masuk tanpa izin, nongkrong, meninggalkan jam pelajaran, merokok dan lain-lain.

Kata kunci—Peran guru bimbingan dan konseling, kedisiplinan, siswa

 

 

Abstract— The purpose of this study is to findthe out more about the role of guidance and counseling teachers in improving student discipline. The role guidance and counseling teachers in school is to provide services to students so that they can understand, solve problems they face, make decisions and be responsible and become independent individuals. Student discipline is very useful for schoo; progress. The target subjects used in this study is a qualitative method. With the initial step of collecting data through interviews, observation, documentation. Then the data were analyzed using a case study approach by focusing on a particular object.  The results this research state that: (1) the process of implementing guidance and counseling has several ways of solving it, (2) the existence of guidanceand counseling teachers is very necessary to improve student who do not enter without permission, hang out, leave class, smoke and so on. 

Keywords— The role of the guidance and counseling teacher, disipline, students


Keywords


The role of the guidance and counseling teacher, disipline, students

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., Setiawan, J. 2018 Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi, Indonesia: CV Jejak.

Evi Aeni Rufaedah, &Maesaroh. (2021). Peran guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Balongan. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 8-15. https://doi.org/10.31943/counselia.v2i2.10

Fajarwati, U. (2011). Analisis faktor penyebab dan upaya mengatasi pelanggaran tata tertib sekolah pada SMA Wisuda Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 2 (2), 2013 https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1085

Fitriani, E., Neviyari, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2022). Problematika layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Naradik: Journal of Education and pedagogy, 1(3), 174-180. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.69

Hortensi, G. (2020). Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik konseling individu untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMK Negeri 5 Mataram. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 159-169. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003791

Julia, .E. , Zakso, .A. , Budjang, .G. (2013). Analisis faktor penyebab dan upaya mengatasi pelanggaran tata tertib sekolah pada SMA Wisuda Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 2 (2), 2013 https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1085

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan konseling sekolah. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 17(4), 447-454. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.40

Lestari (2012). Peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application 5 (4), 52-57, 2016. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/13520

Muryadi, M.D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) 3 (1), 2017. Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/538

Permatasari, P.A. (2022). Peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan tata tertib sekolah siswa kelas X di SMK Yasmi Gabang ( Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati. S1 BKI). Retrieved from https://repository.Syekhnurjati.ac.id

Prasetya, S. (2016). Pengaruh disiplin tata tertib terhadap pembentukan akhlak siswa. Jurnal Eklusif, 13(2). Retrieved from https://jurnal.ibmt.ac.id

Salam, M. & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Di Sdn 55/I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 3 (1), 127-144, 2018. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/6777

Saputra, K., & Fitriani, W. (2022). Deskripsi peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah kedisiplinan siswa. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 1782-1795. Retrieved from https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/realita

Sudiansyah, S., Lutfi, M., Bosco, F.H., Putra, R. P., Fauziah, W. R. A., Rais, R., & Al Haddar, G. (2023). Peran guru bimbingan dan konseling dalam membina kedisiplinan belajar siswa. Global Education Journal, 1(01), 51-61. Retrieved from http://journal.civiliza.org/index.php/gej/article/view/141

Taufik, A. (2019). Analisis karakteristik peserta didik. El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 16(01), 1-13. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v16i01.71

Widodo, P.P. (2019). Aplikasi tata tertib berdasarkan poin untuk pelanggaran siswa pada sekolah menengah atas. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 4 (2), 101-108, 2019. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/JISKA/article/view/1565

Yuhasnil, Y., & Agusmaryadi, Y. (2021). Peranan guru dalam meningkatkan disiplin belajar siswa studi kasus pada siswa yang bermasalah. IJOCE: Indonesia Journal of civic Education, 1(2), 58-68. https://doi.org/10.31539/ijoce.v1i2.2387

Yunita, S. (2020). Peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTS Muhammadiyah Metro (Doctoral dissertation, IAIN Metro). https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3663


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.