Studi Kasus Siswa terhadap Pelanggaran Tata Tertib Sekolah di SMA

Yuliasri Yuliasri, Yussi Saputri, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Adanya penelitian ini dikarenakan siswa sering melanggar tata tertib sekolah. Tempat terjadinya penelitian yaitu di SMA Negeri 1 Balen yang berjudul “Studi Kasus Siswa Terhadap Pelanggaran Tata Tertib Di SMA”. Permasalahan penelitian ini adalah jenis pelanggaran apa yang sering dilanggar oleh siswa dan bagaimana pihak sekolah menindaklanjuti permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang beberapa aturan-aturan yang sering dilanggar dan untuk mengetahui bagaimana tindakan guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi pelanggaran. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode deskriptif berebentuk studi kasus. Perolehan data berdasarkan pengumpulan hasil wawancara dengan guru Bimbingan dan Konselin dan observasi. Setelah melalui beberapa tahapan penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut; 1) Terdapat siswa bernama (H) dan (S) yang sering terlambat masuk sekolah, melepas baju, bersepatu tidak sesuai aturan. 2) Faktor yang mempengaruhi seringnya terjadinya pelanggaran adalah kurangnya minat belajar siswa, keinginan siswa mengikuti trend, meremehkan sanksi, manajemen waktu yang kurang baik, faktor keluarga yang kurang memperhatikan anak di sekolah, dan faktor pengaruh teman sebaya. 3) Memberikan sanksi berupa poin pelanggaran dan sanksi sosial dengan harapan agar siswa tidak mengulangi pelanggaran tersebut di kemudian hari.

Kata kunci—Siswa dan Tata tertib

 

 

Abstract— The existence of this research is because students often violate school rules. This research was conducted at SMA Negeri 1 Balen entitled "Case Study of Students Against Violations of School Rules in SMA". The problem of this research is what types of violations are often violated by students and how the school follows up on these problems. The purpose of this research is to find out the rules that are often violated and to find out how the Guidance and Counseling teachers act in dealing with violations. This research uses a descriptive method in the form of a case study. The data collected was obtained from the results of interviews and observations. The results of the study stated that: 1) There were students named (H) and (S) who were often late for school, took their clothes off, shoes did not comply with the rules. 2) Factors that influence the frequent occurrence of violations are the lack of interest in student learning, the desire of students to follow trends, underestimating sanctions, poor time management, family factors that pay less attention to children at school, and factors of peer influence. 3) Giving sanctions in the form of violation points and social sanctions with the hope that students will not repeat the violation in the future.

Keywords—Siswa and Rules


Keywords


Siswa and Rules

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman dan Muhidin, (2011). Panduan praktis memahami penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.

American Educational Reseach Assosiacion (AERA), American Psychological Assosiacion (APA), and National Courcil on Measurement in Education (NCME). (1999) Stndarts for Educational and Psychological Testing. Wangshington, DC. Authors.

Amir Daiem Indrakusuma, Pengantar ilmu pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 2000) 149.

Depdiknas, (2003). Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Eko Jaya.

Dewi, Y. P,. & Mugiarso H. (2020). Hubungan antara konsep diri dengan efikasi diri dalam memecahkan masalah melalui konseling individu di smk hidayah semarang. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 29-40. http://dx.doi.org/10.22373/je.v6i1.5750

Hadari Nawawi, Administrasi sekolah , (Jakarta: Ghali Indonesia, 1986) 206.

Kurniawan, W. A. (2018). Budaya tertib siswa di sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Mardawani, M. (2015). ketaatan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah (studi kasus pada siswa sma nusantara indah sintang). VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 36-49. https://doi.org/10.31932/ve.v6i1.83

Merpati, T., Lonto, A. L., & Biringan, J. (2018). Kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di smp Katolik Santa Rosa Siau Timur Kabupaten Sitaro. Jurnal Civic Educatin: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 55-61.

Mulyanto, A., & Ristina, L. (2018). Penentuan sanksi pelanggaran tata tertib sekolah menggunakan metode simple multi attribute rating technique (smart) berbasis php dan mysql studi kasus smpn 10 Tambun Selatan. Jurnal Informatika SIMANTIK, 3(1), 1-6.

Purwardaminta, Kamus umum bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1976) 1025.

Subana dan Sudrajat. (2011). Dasar-dasar penelitian ilmiah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sumardi & Sunaryo. (2006). Penilaian dalam pembelajaran (Assensment Of Learning).

Tjalla, A. (2020, December). Penerapan asesmen layanan bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013. In: Semarang Nasional Daring IIBKIN 2020. 2020. p. 47-60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.