Quizizz sebagai Media Implementasi Evaluasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Nofia Fitriyana, Muhammad Sholehhudin, Joko Setiyono

Abstract


abstrak—Motivasi belajar merupakan hal yang paling penting dalam proses belajar peserta didik karena dapat menjadi salah satu faktor dalam meraih prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan Quizizz sebagai media yang dapat mengoptimalkan motivasi siswa melalui implementasi evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka dengan data sekunder. Data berasal dari buku atau artikel jurnal yang telah terbit sebelumnya. Hasil dari penelitian ini berupa kajian mengenai aplikasi Quizizz. Simpulan yang diperoleh berupa cara implementasi aplikasi Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kata kunci—evaluasi pembelajaran, motivasi belajar, Quizizz

 

 

Abstract—Learning motivation is the most important thing in the learning process of students because it can be one of the factors in achieving achievement. This research aims to utilize Quizizz as a medium that can optimize student motivation through the implementation of learning evaluation. This research is a literature study research with secondary data. Data comes from previously published books or journal articles. The results of this study are in the form of a study of the Quizizz application. The conclusion obtained is how to implement the Quizizz application as a learning evaluation media to increase student learning motivation.

Keywords—learning evaluation, learning motivation, Quizizz


Keywords


learning evaluation, learning motivation, Quizizz

Full Text:

PDF

References


Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25). Retrieved from http://jurnal.umb.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/567

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan penting evaluasi pembelajaran Bahasa di sekolah dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 1-9. Retrieved from https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/22

Choiroh, M. (2021). Evaluasi pembelajaran bahasa Arab berbasis media e-learning. Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 3(1), 41-47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p261-272

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengembangan buku ajar evaluasi pembelajaran. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(1), 1-18. https://doi.org/10.31537/ej.v4i1.297

Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84-92. https://doi.org/10.26858/jpkk.v2i2.2250

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90-96. Retrieved from http://www.jurnal.upi.edu/file/8

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., Pristiwati, R. (2021). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2021, 343-347. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep dasar evaluasi dan implikasinya dalam evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159-181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729

Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Office, 2(2), 221-228. https://doi.org/10.26858/jo.v2i2.2956

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71-81. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Junanto, S. (2016). Evaluasi pembelajaran di Madrasah Diniyah Miftachul Hikmah Denanyar Tangen Sragen. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(2), 177-196. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v1i2.176

Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34-45. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v5i1.64

Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87-97. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881

Muhammad, M., Widyaningrum, H. K., Al Masjid, A., Komariah, K., & Sumarwati, S. (2021). Pelaksanaan prosedur evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Pekanbaru pada masa pandemi. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(2), 109-120. http://dx.doi.org/10.30651/st.v14i2.8262

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Noor, S. (2020). Penggunaan quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.33654/jph.v1i1.927

Nuriyah, N. (2016). Evaluasi pembelajaran: Sebuah kajian teori. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, 3(1). http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v3i1.327

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967-974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216-232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi evaluasi pembelajaran di kelas. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 3(2), 111-121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262

Prananda, G., & Hadiyanto, H. (2019). Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 450107. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.181

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29-39. https://doi.org/10.51212/jdp.v12i1.1028

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ|, 4(2), 163-173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Saputra, A. (2022). Strategi evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam pada SMP. Jurnal Genta Mulia, 13(2). Retrieved from https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/107

Suandito, B. (2017). Bukti informal dalam pembelajaran matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13-24. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796

Suttrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan kompetensi guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran di era merdeka belajar. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 52-60. https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar PKN peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/view/326

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.