Peran Google Form sebagai Alat Pembantu dalam Proses Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Nabila Ulfaida, M. Alfan Haris, Joko Setiyono, Muhammad Sholehhudin

Abstract


abstrak— Secara umum, tujuan pendidikan adalah untuk membantu manusia belajar tentang hirarki kemanusiaannya. Dengan adanya pendidikan, masyarakat dapat menyadari potensi yang mereka miliki sebagai makhluk hidup. Salah satu prinsip umum pembangunan pendidikan di Indonesia adalah meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui tingkat keberhasilan terhadap proses evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan berbantuan google form. Peneltian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik baca-simak-catat dalam proses pengumpulan data. Pada penelitian ini data bersumber dari manga one piece karya Eiichiro Oda. Selanjutnya, pada teknik analisis data penulis menggunakan teori Miles dan Huberman yang dijabarkan seperti berikut 1) pengumpulan data; 2) data disajikan; dan 3) penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar dari siswa SMA masih sulit untuk memahami mata pelajaran bahasa Indonesia. Banyak hambatan yang mereka alami untuk memahami mata pelajaran tersebut. Dikarenakan bahasa Indonesia termasuk mata pelajaran yang banyak memuat materi penjabaran yang cukup rumit untuk dipelajari.

Kata kunci—Evaluasi pembelajaran, Bahasa Indonesia, Google form.

 

 

Abstract— In general, the purpose of education is to help people learn about their human hierarchy. With education, people can realize the potential they have as living beings. One of the general principles of education development in Indonesia is to improve the quality of education. This research was made to determine the level of success of the learning evaluation process in Indonesian subjects with the help of Google Forms. This research uses a qualitative descriptive method using a read-listen-note technique in the data collection process. In this study, the data was sourced from the One Piece manga by Eiichiro Oda. Furthermore, in data analysis techniques the authors use Miles and Huberman's theory which is described as follows 1) data collection; 2) data is presented; and 3) drawing conclusions. The results of this study are that most high school students still find it difficult to understand Indonesian language subjects. They experienced many obstacles to understand these subjects. Because Indonesian is a subject that contains a lot of elaboration material which is quite complicated to learn.

Keywords— Learning evaluation, Indonesian, Google form.


Keywords


Learning evaluation, Indonesian, Google form.

Full Text:

PDF

References


Arisandy, D., Rizkika, D. P., & Astika, T. D. (2019). Eksistensi Bahasa Indonesia Pada Generasi Milenial Di Era Industri 4.0. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 247-251 DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.3180.

Aryanika, S. (2015). Evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.24042/alidarah.v5i1.757.

Assapari, M. M. (2014). Eksistensi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan perkembangannya di era globalisasi. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 9(18). Doi: https://doi.org/10.23887/prasi.v9i18.8943.

Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan penting evaluasi pembelajaran Bahasa di sekolah dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 1-9. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1780427.

Azis, T. N., & Shalihah, N. M. (2020). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 54-65. Doi: https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.3028.

Dania, A. S. N., & Muryaningsih, S. (2022). Pemanfaatan Google Form Untuk Evaluasi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di Mim Kedungwuluh Lor. Renjana Pendidikan Dasar, 2(1), 1-8. Retrieved From https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/188.

Elis Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran. Retrieved from https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2336.

Fauzi, M. R. (2014). Penggunaan Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, dikutip dari repository. upi. edu. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/144093943.pdf.

Febriana, R. (2021). Evaluasi pembelajaran. Bumi Aksara.

Gustiasari, D. R. (2018). Pengaruh perkembangan zaman terhadap pergeseran tata Bahasa Indonesia; Studi kasus pada pengguna instagram tahun 2018. Jurnal Renaissance, 3(2), 433-442.Doi: http://dx.doi.org/10.53878/jr.v3i2.86

Handayani, I., Aini, Q., Cholisoh, N., & Agustina, I. I. (2018). Pemanfaatan Google Form Sebagai Pendaftaran TOEFL (Test Of English as a Foreign Language) Secara Online. Jurnal Teknoinfo, 12(2), 55-59. Doi: https://doi.org/10.33365/jti.v12i2.73.

Harjono, N. (2012). Evaluasi Pembelajaran Siswa Aktif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 Sekolah Dasar. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.15294/seloka.v1i1.117.

Jahroh, N. N. (2018). Pengembangan Tes Tertulis Pendidikan Agama Islam Berbasis Online Mengunakan Google Form pada Materi Kewajiban Menuntut Ilmu dan Haji Kelas X SMA Swadhipa Natar (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung) Retrieved From http://repository.radenintan.ac.id/4459/1/SKRIPSI%20NIKE.pdf.

Khusniati, M. (2012). Pendidikan karakter melalui pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2140.

Muhammad, M., Widyaningrum, H. K., Al Masjid, A., Komariah, K., & Sumarwati, S. (2021). Pelaksanaan Prosedur Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Pekanbaru pada Masa Pandemi. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 109-120. http://dx.doi.org/10.30651/st.v14i2.8262.

Mukharomah, E. (2021). Pelatihan Cara Mudah Dan Cepat Melakukan Evaluasi Dengan Pemanfaatan Google Form. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP), 4(1), 12-19. Doi: https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v4i1.875.

Munawaroh, R. Z., Prastowo, A., & Nurjanah, M. (2021). Efektivitas Penilaian pembelajaran menggunakan google form pada pembelajaran daring. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3). Doi: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v5i3.2152.

Ritonga, M., Lahmi, A., Rimelfi, R., Bahri, F., & Bagindo, I. T. (2020). Sosialisasi Pembuatan Soal Melalui Google Form Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 347-354. Doi: https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.456.

Seftiani, I. (2019). Alat Evaluasi Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 284-291). Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10342.

Simangunsong, A. D. B. (2021). Pelatihan Pembuatan Soal dengan Google Drive untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Abdidas, 2(5), 1115-1119. Doi: https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i5.435.

Supriadi, G. (2011). Pengantar teknik evaluasi pembelajaran.

Sutarno, S. (2021). Penggunaan google form pada pembelajaran moda daring untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika materi teori relativitas khusus di sman 4 kota bima kelas xii mipa 1 semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 228-247 Doi https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.54.

Ulya, M. (2021). Penggunaan educandy dalam evaluasi pembelajaran bahasa indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 55-63. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.4089.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.