Proses Evaluasi Pembelajaran Secara Daring pada Siswa Sekolah Dasar

Evi Nabila Romadhon, Mei Indra Dewi, Joko Setiyono

Abstract


abstrak— Pendidikan saat ini sangat berperan penting untuk generasi muda pada masa depan yang akan datang. Dengan adanya Pendidikan masyarakat juga bisa membangun pondasi untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran. Dalam Pendidikan kita juga dapat melakukan evaluasi pembelajaran untuk mengetahui kemampuan belajar pada peserta didik. Evaluasi pembelajaran adalah kegiatan wajib yang dimiliki semua insan dalam dunia pendidikan untuk proses pembelajaran. Karena sempat ada virus corona yang terjadi maka pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran daring adalah proses pembelajaran yang dilakukan untuk mencangkup materi dengan menggunakan media elektronik tanpa tatap muka langsung. Penelitian ini menggunakan metode studi Pustaka yang datanya diambil dari data sekunder. Dalam proses pengumpulan data peneliti mengacu pada teori Marry W. George dan menggunakan Teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini mengaju pada proses evaluasi pembelajaran pada siswa sekolah dasar.

 

Kata kunci—Evaluasi pembelajaran, Pembelajaran daring, Siswa smp

 

Abstract - Education currently a very important role for the younger generation in the future. With the existence of public education can also build the foundation to reduce poverty and unemployment. In education we can also carry out learning evaluations to determine the learning abilities of students. Evaluation of learning is a mandatory activity that all people in the world of education have for the learning process. Because there was a corona virus that occurred, learning was carried out line. Online learning is e learning process that is carried out to cover material using electronic media without face-to-face meetings. This study uses the library study method in which the data is taken from secondary data. In the data collection process, the researcher refers to Mary W. George’s theory and uses data triangulation techniques. The results of this study refer to the learning evaluation process for elementary school students.

 

Keywords – Learning evaluation, Online learning, Junior high school students

Keywords


Learning evaluation, Online learning, Junior high school students

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Anggraini, M., Kasiyun, S., Mariati, P., & Sunanto, S. (2021). Analisis Keberhasilan Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik melalui Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3010-3019 https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1223.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal teknologi pendidikan, 10(1), 46-62. Retieved from: https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/139619.

Budhayanti, C. I. S., & Praba, L. N. (2021). Pelatihan strategi pembelajaran daring bagi guru-Guru di SDN O1 dan O5 Pluit. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1170-1180. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i5.7772.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Elis Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran. Retrieved from: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2336.

Ernawati, Y., & Ernawati, Y. (2022). Problematik Pembelajaran Daring Mata Kuliah Bahasa Indonesia. PROBLEMATIK PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH BAHASA INDONESIA. Retrieved from: http://eprints.binadarma.ac.id/id/eprint/11171.

Fachri, M. (2018). Urgensi Evaluasi Pembelajaran dalam Pendidikan. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 64-68. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i1.758.

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi menyusun bahan ajar inovatif berbasis mobile learning untuk pembelajaran mata kuliah keterampilan menulis di abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). Retrieved from: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902.

Ismail, M. I. (2019). Asesmen dan evaluasi pembelajaran. Cendekia Publisher.

Istiadaningsih, D., Adisel, A., & Fitriana, S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mensukseskan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Elementary School (JOES), 4(1), 22-30. https://doi.org/10.31539/joes.v4i1.2024.

Khotijah, S., Rahayu, D. W., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Analisis Persepsi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2834-2846. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1003.

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak pembelajaran daring terhadap perilaku sosial emosional anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635-1643. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya. Bintang, 2(2), 244-257. https://doi.org/10.36088/bintang.v2i2.986.

Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4269.

Matondang, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran. Retrieved from: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1600.

Naziah, S. T., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Analisis keaktifan belajar siswa selama pembelajaran daring pada masa covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 109-120. Retrieved from: https://media.neliti.com/media/publications/438304-none-f0ca9c84.pdf.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.

Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 139-148. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2649.

Rukajat, A. (2018). Teknik evaluasi pembelajaran. Deepublish. Retrieved from: https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/22430.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i2.796.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33.

Tampubolon, R. A., Sumarni, W., & Utomo, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3125-3133. Doi https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1291.

Tamba, J. J., & Santi, D. E. (2021, June). Efikasi diri dengan stres akademik siswa sma selama pembelajaran daring masa pandemi COVID-19. In Seminar Nasional Psikologi UM (Vol. 1, No. 1, pp. 136-142). Retrieved from: http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/view/1135.

Wahib, A. (2021). peran orang tua dalam membimbing anak belajar daring selama pandemi covid 19. Jurnal paradigma, 12(1), 11. Retrieved from: https://www.staimmgt.ac.id/wp-content/uploads/2021/12/5.-PERAN-ORANG-TUA-DALAM-MEMBIMBING-ANAK.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.