Urgensi Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi pada Siswa
Abstract
Abstrak— Pembelajaran matematika memiliki tingkat urgensi yang tinggi untuk direalisasikan. Hal ini dikarenakan matematika mencakup empat komponen penting yang dinilai efektif untuk mendongkrak kemampuan literasi dan numerasi pada siswa. Untuk mengetahui sejauh mana urgensi pembelajaran matematika, maka penelitian ini penting untuk dilaksanakan. Tujuan penelitian adalah mengkaji urgensi pembelajaran matematika terhadap kemampuan numerasi dan literasi siswa. Metode yang digunakan adalah metode studi pustaka. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari artikel hasil penelitian sebelumnya. Hasil penelitian berupa penjelasan empat karakteristik atau komponen penting dalam matematika dan kaitannya dengan peningkatan kemampuan literasi-numerasi. Adapun simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika sangat penting serta berdampak terhadap peningkatan kemampuan literasi dan numerasi pada siswa.
Kata kunci— Literasi, Numerasi, Pembelajaran Matematika
Abstract— Mathematics learning has a high level of urgency to be realized. This is because mathematics includes four important components that are considered effective in boosting literacy and numeracy skills in students. To find out the extent of the urgency of learning mathematics, it is important to conduct this research. The purpose of the research is to examine the urgency of learning mathematics on students' numeracy and literacy skills. The method used is the literature study method. This research uses secondary data taken from previous research articles. The results of the study are in the form of an explanation of four characteristics or important components in mathematics and their relation to improving literacy-numeracy skills. The conclusion of this research is that learning mathematics is very important and has an impact on improving literacy and numeracy skills in students.
Keywords— Literacy, Numeracy, Mathematics Learning
Full Text:
PDFReferences
Aditya, P. T. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi lingkaran bagi siswa kelas viii. Jurnal matematika, statistika, dan komputasi, 15(1), 64-74.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.
Ernawati, Y. & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis profil pelajar Pancasila elemen bernalar kritis dalam modul belajar siswa literasi dan numerasi jenjang sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6132-6144. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3181
Fitriani, Y. & Aziz, I. A. (2019). Literasi era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 3(1), 100-104.
KEMENAG RI. (2022, 31 Maret). Kemenag siapkan madrasah ikut dongkrak peringkat PISA 2022. Diakses pada 31 Mei 2023. https://www.kemenag.go.id/internasional/kemenag-siapkan-madrasah-ikut-dongkrak-peringkat-pisa-2022-p0aj20.
Kesumawati, N. (2008). Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3), 231-234.
Mahmud, M. R. & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88.
Maryati, I. & Priatna, N. (2017). Integrasi nilai-nilai karakter matematika melalui pembbelajaran kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333-344.
Masjaya & Wardono. (2018). Pentingnya kemampuan literasi matematika untuk menumbuhkan kemampuan koneksi matematika dalam meningkatkan SDM. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568-574.
Nirmalasari, P., Jumadi, & Ekayanti, A. (2021). Penerapan model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Math) untuk penguatan literasi-numerasi siswa. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(2), 89-96.
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).
Puspaningtyas, N. D. & Ulfa, M. (2020). Pelatihan soal matematika berbasis literasi numerasi pada siswa SMA IT Fitrah Insani. JPMM: Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 4(2), 137-140.
Putri, A. E. (2019). Evaluasi program bimbingan dan konseling: Sebuah studi pustaka. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 4(2), 39-42.
Rahmah, S. (2018). Pengawas sekolah penentu kualitas Pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 25(2). 10.30829/tar.v25i2.378
Resti, Y., Zulkarnain, Astuti, Kresnawati, E. S. (2020). Peningkatan kemampuan numerasi melalui pelatihan dalam bentuk tes untuk asesmen kompetensi minimum bagi guru SDIT Auladi Sebrang Ulu Li Palembang. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 670-673.
Retnodari, W., Elbas, W. F., & Loviana, S. (2020). Scaffolding dalam pembelajaran matematika. Journal of Mathematics Education, 1(1), 15-21.
Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 2(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring Sinergi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.