Peran Tes Subjektif dalam Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebuah peran tes subjektif dalam evaluasi pembelajaran serta untuk mengenal contoh dari tes subjektif itu sendiri. disamping itu kita juga akan mengetahui kegunaan tes subjektif yang merupakan tes yang dibuat guru supaya bisa menguji kemampuan siswa untuk berpikir kritis dan kreatif sehingga guru bisa mengetahui kemampuan dan cara berpikir setiap individu itu sendiri supaya pembelajaran yang dicapai melalui kegiatan pembelajaran akan efektif digunakan untuk digunakan. Penulis memakai metode penelitian deskriptif kualitatif dengan mengacu pada teknik baca-simak-catat dalam proses pengumpulan data pada penelitian ini. Sumber data yang diperoleh berasal dari data sekunder yang membahas tentang buku teks Bahasa Indonesia dan tes subjektif
Kata kunci— Pendidikan, Tes Subjektif, Evaluasi Pembelajaran, Bahasa Indonesia
Abstract— This study aims to determine the role of subjective tests in learning evaluation and to identify examples of subjective tests themselves. besides that we will also find out the use of subjective tests which are tests made by the teacher so that they can test students' abilities to think critically and creatively so that the teacher can find out the abilities and ways of thinking of each individual so that the learning achieved through learning activities will be used effectively for used. The author uses a qualitative descriptive research method with reference to the read-listen-note technique in the process of collecting data in this study. The source of the data obtained comes from secondary data which discusses Indonesian language textbooks and subjective tests.
Keywords— Education, Subjective Tests, Learning Evaluation, Indonesian
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan besar pendidikan adalah tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540
Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2). https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1876
Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204.
Latip, A. E. (2018). Evaluasi pembelajaran di sd dan mi. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.350
Oktaviani, K. S. (2017). Bentuk tes objektif dan kecemasan pada pembelajaran membaca huruf hiragana bahasa Jepang. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(1), 50-56. https://doi.org/10.21009/JEP.081.07
Prasasti, R. (2016). Pengaruh bahasa gaul terhadap penggunaan bahasa Indonesia mahasiswa Unswagati. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), 114-119. http://doi.org/10.25273/
Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen penilaian hasil pembelajaran kognitif pada tes uraian dan tes objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2), 139-148. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2649
Riadi, A. (2017). Problematika sistem evaluasi pembelajaran. ITTIHAD, 15(27). https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.350
Sanusi, R. N. A., & Aziez, F. (2021). Analisis butir soal tes objektif dan subjektif untuk keterampilan membaca pemahaman pada kelas vii smp n 3 Kalibagor. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 8(1), 99-109. 10.30595/mtf.v8i1.8501
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring: Jurnalistik sebagai Sumber Data untuk Karya Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.