Efektivitas Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Peserta Didik di SMP Bangilan Tuban

Lia Monika, juwanita Aprilia, Laila kusumaning Ayu, Umi Rona Anisah, Joko Setiyono

Abstract


abstrak— Efektivitas pembelajaran merupakan sebuah capaian dalam lingkungan dunia belajar mengajar pada sebuah sekolah. Sebuah efektivitas dalam pembelajaran akan dicapai apabila dengan penerapan pembelajaran yang tepat dan juga kurikulum yang sesuai dengan kondisi pada masa-masa sekarang. Adanya kurikulum merdeka belajar yang selama ini diterapkan di beberapa sekolah mempunyai manfaat yaitu para peserta didik dapat memilih mata pelajaran mana yang ingin mereka pelajari sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Pembelajaran lebih menyenangkan karena menyesuaikan dengan kemampuan siswa pada setiap tahapannya. Kurikulum Merdeka merupakan terobosan yang dirancang untuk membantu guru dan pimpinan sekolah mengubah pembelajaran menjadi pengalaman belajar yang lebih bermakna, mendalam, dan menyenangkan bagi siswa, tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Peserta Didik SMP Bangilan Tuban. (2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Peserta Didik di SMP Bangilan Tuban. Hasi penelitian menjelaskan bahwa efektivitas dalam penerapan kurikulum merdeka belajar dapat dilakukan dengan pencapaian akhir penilaian para siswa dengan menggunakan 4 indikator yaitu Mutu (Quality), Ketepatan (Appropriateness), Intensif (Intensif), Waktu (Time). Dalam capain hasil akhir pembelajaran di SMA N 3 menggunakan kurikulum Merdeka Belajar dinilai sangat efektif dalam penerapannya. Kendala yang dihadapi dari adanya Kurikulum Merdeka Belajar adalah belum adanya tenaga pengajar yang mumpuni terhadap bidang yang spesifif yang dipilih oleh para siswa, dan hal ini menjadi catatan tersendiri dari adanya penerapan Kurikulum Merdeka Belajar.

 Kata kunci— Efektivitas, Pembelajaran, Merdeka Belajar

 Abstract— The effectiveness of learning is an achievement in the world of teaching and learning in a school. An effectiveness in learning will be achieved if with the application of appropriate learning and also a curriculum that is in accordance with current conditions. The existence of an independent learning curriculum that has been implemented so far in several schools has the advantage that students can choose which subjects they want to study according to their interests and abilities. Learning is more fun because it adapts to students' abilities at each stage. The Independent Curriculum is a breakthrough designed to help teachers and school leaders turn learning into a more meaningful, in depth and enjoyable learning experience for students, the objectives of this study are as follows: (1) to determine the Learning Effectiveness of the Independent Learning Curriculum Against Students of SMP Bangilan Tuban. (2) to find out the obstacles faced in implementing the Free Learning Curriculum for Students at SMP Bangilan Tuban. The results of the study explain that effectiveness in implementing the independent learning curriculum can be done by achieving the final assessment of students using 4 indicators namely Quality, Appropriateness, Intensive, Time. In terms of learning outcomes at SMA N 3 using the Merdeka Learning curriculum, it is considered very effective in its application. The obstacle faced by the Free Learning Curriculum is that there are no qualified teaching staff in the specific fields chosen by students, and this is a separate note from the implementation of the Free Learning Curriculum.

Keywords— Effectiveness, Learning, Independent Learning


Keywords


Effectiveness, Learning, Independent Learning

Full Text:

PDF

References


Amelia, N., Fahra Dilla, S., Azizah, S., Fahira, Z., Darlis, A., Islam, U., Sumatera, N., & Abstrak, U. (n.d.). Efektivitas Peran Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 2023(2), 421–426. https://doi.org/10.5281/zenodo.7575797.

Fransiska, R. M., & Wiranata, I. H. (n.d.). Penerapan Merdeka Belajar dalam Menumbuhkan Minat dan Bakat Siswa di SDN 1 Pisang. Seminar Nasional Sains, 2022.

Guspita Sari, Y., Eka Putra, B., Miranti, Y., Setiawati, M., Mahaputra Muhammad Yamin, U., & Sudirman No, J. (2022). Hubungan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X DI SMA 1 IX Koto Sungai Lasi (Vol. 1, Issue 4).

Lumbanraja, F., Sihombing, S., Margareta, E., & Belajar, D. (2022). Hubungan antara Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, dan Gaya Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Ips Kelas Viii Smp Negeri 4 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023 Keyword Kata Kunci (Vol. 2, Issue 6).

Negeri, S., & Selatan, S. (n.d.). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Arianti.

Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, J. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (Eth) Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Takalar. 2(1).

Sinaga, S. J., Hutabarat, G. I. C., Nababan, Y. J., Turnip, F. C., & Hutauruk, A. J. B. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Perbandingan di SMP Free Methodist 1 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 681–694. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1865

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Suwandi, S. (2020). Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/Tersediadi:https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/issue/view/956/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring: Jurnalistik sebagai Sumber Data untuk Karya Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.