Analisis Motivasi dan Minat Siswa dalam Pembelajaran Menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar pada SMA Negeri 3 Bojonegoro

Risma Nurdiana Putri, Elifia Elifia, Laily Kusumaning Ayu, Joko Setiyono

Abstract


Abstrak— Pentingnya penyusunan sebuah kurikulum dan juga bahan ajar merupakan langkah awal dalam menentukan keberhasilan berbagai system pendidikan di Indonesia. Motivasi belajar siswa merupakan sebuah dorongan dalam diri para siswa untuk selalu giat dan tekun terhadap pembelajaran yang ada di sekolah,beberapa contoh terhadap motivasi belajar seorang siswa adalah bahwa seorang siswa untuk selalu semangat terutama tidak adanya paksaan. Tujuan dari penelitian ini, adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) untuk mengetahui analisis motivasi siswa SMA N 3 Bojonegoro dalam pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka belajar. (2) untuk mengetahui minat siswa SMA N 3 Bojonegoro dalam pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka belajar. Hasil analisa dan pembahasan terhadap penerapan kurikulum merdeka belajar pada SMAN 3 Bojonegoro dapat disimpulkan motivasi siswa terhadap kurikulum merdeka belajar di SMAN 3 Bojonegoro dinilai dapat meningkatkan motivasi kepada siswa, terbukti dengan adanya kurikulum merdeka, siswa dapat termotivasi serta dapat menentukan minat serta bidang tertentu sehingga dapat terasa dengan baik dalam pembelajaran di Sekolah. Sementara aspek minat pada kurikulum Merdeka Belajar yang diterapkan dalam pembelajaran di SMA N 3 Bojonegoro terbukti dapat meningkatkan minat seorang siswa dalam pembelajaran, kurikulum tersebut dinilai dapat lebih menyenangkan untuk melakukan hal-hal yang bersifat dinamis dalam kegiatan belajar mengajar oleh para siswa dan juga guru, karena dinilai kurikulum merdeka belajar dapat menyesuaikan dengan kondisi lingungan sekolahan.

Kata kunci— Motivasi, Minat Siswa, Kurikulum Merdeka Belajar

 

Abstract— The importance of developing a curriculum and teaching materials is the first step in determining the success of various education systems in Indonesia. Student learning motivation is an encouragement in students to always be active and diligent in learning at school, some examples of a student's learning motivation are that a student is always enthusiastic, especially in the absence of coercion. The purpose of this study, while the objectives of this study are as follows: (1) to find out the motivational analysis of SMA N 3 Bojonegoro students in learning using the independent learning curriculum. (2) to find out the interest of SMA N 3 Bojonegoro students in learning using the independent learning curriculum. The results of the analysis and discussion of the application of the independent learning curriculum at SMAN 3 Bojonegoro can be concluded that student motivation towards the independent learning curriculum at SMAN 3 Bojonegoro is assessed as being able to increase student motivation, as evidenced by the independent curriculum, students can be motivated and can determine interests and certain fields so that they can feels good in learning at school. While the aspect of interest in the Merdeka Learning curriculum applied in learning at SMA N 3 Bojonegoro is proven to be able to increase a student's interest in learning, the curriculum is considered to be more fun to do things that are dynamic in teaching and learning activities by students and teachers alike. because it is considered that the independent learning curriculum can adapt to the conditions of the school environment.

Keywords— Motivation, Studen Interest, Free Learning Curriculum


Keywords


Motivation, Studen Interest, Free Learning Curriculum

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.

Sari, Y. G., Putra, B. E., Miranti, Y., & Setiawati, M. (2022). Hubungan peningkatan motivasi belajar siswa dengan penerapan kurikulum merdeka belajar kelas X DI SMA 1 IX Koto Sungai Lasi. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(4), 131-138. https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol1.Iss4.375.

Sihombing, S., Lumbanraja, F., & Margareta, E. (2022). Hubungan antara disiplin belajar, motivasi belajar, dan gaya belajar siswa dengan hasil belajar IPS kelas VIII SMP Negeri 4 Pematang Siantar TA 2022/2023. Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 2(6). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i6.356.

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media komunikasi bagi remaja perempuan dalam pencarian informasi kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 15-22. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645.

Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87-97. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/1881.

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134. http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181.

Sinaga, S. J., Hutabarat, G. I. C., Nababan, Y. J., Turnip, F. C., & Hutauruk, A. J. B. (2023). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui contextual teaching and learning (ctl) pada pembelajaran perbandingan di SMP free methodist 1 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 681–694. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1865.

Fransiska, R. M., Wiranata, I. H., & Nursalim, N. (2022, December). Penerapan merdeka belajar dalam menumbuhkan minat dan bakat siswa di SDN 1 Pisang. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran (Vol. 2, No. 1, pp. 158-162). https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Seminar Nasional Daring: Jurnalistik sebagai Sumber Data untuk Karya Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.