Implementasi Konsep Pembelajaran Modern di Perguruan Tinggi

Okik Dwi Cahyani, Rina Chidayatiningsih, Sunarni Sunarni

Abstract


Pendidikan merupakan sebuah kebutuhan yang mendasar bagi makhluk
hidup terutama manusia dalam menjalani kehidupan. Perguruan tinggi
merupakan satuan pendidikan yang menyelenggarakan Pendidikan Tinggi.
Pembelajaran merupakan aktivitas yang secara terencana untuk mencapai
tujuan tertentu dengan dicirikan adanya keterlibatan sejumlah komponen
yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu literature review. Hasil dari penelitian ini
yaitu aliran-aliran dalam teori pembelajaran zaman klasik yaitu empirisme,
nativisme dan konvergensi. Dimensi-Dimensi dalam Pembelajaran di
Perguruan Tinggi (Marzono, 1993): positive attitude and perception about
learning, acquiring and integrating knowledge, extending and refining
knowledge, using knowledge meaningfully, dan productive habits of mind.
Kolaborasi antara dosen dan mahasiswa memiliki pengaruh terhadap proses
belajar mengajar. Serta pentingnya penggunaan media pembelajaran yang
modern untuk mendukungnya.
Kata Kunci: Implementasi; Konsep Pembelajaran; Perguruan Tinggi


Full Text:

PDF

References


Irawan, E2020. Model Pengabdian Berbasis Kompetisi. Yogyakarta: Zahir

Publishing.

Sholihuddin. 2014. Aliran dan Paradigma Pendidikan. Madura: Yayasan

Al-Fatah.

Suharsaputra. 2015. Manajemen Pendidikan Perguruan Tinggi. Bandung:

PT Refika Aditama.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang

Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Kementerian Pendidikan

dan Kebudayaan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang

Pendidikan Tinggi. 2012. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Damayanti, dkk. 2013. Persepsi Mahasiswa Tentang Posisi Strategis

Profesi Public Relations. Jurnal Kajian Komunikasi. Vol. 1, No. 1,

Juni 2013.

Fathoni, 2015. Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI.

Jurnal Kependidikan Islam. Vol. 5, no. 1 2015.

Hanafy, M. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Lentera

Pendidikan. Vol. 17, no. 1 Juni 2014.

Istiqlal, A. 2018. Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar dan

Mengajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan

dan Pengurusan Sekolah. Vol. 3 No. 2 Tahun 2018.

Ridwan, M. 2021. Pentingnya Penerapan Literatur Review Pada Penelitian

Ilmiah. Jurnal Masohi. Vol. 02 Nomor 01 Tahun 2021.

Rumapea, M. 2015. Urgensi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi.

Jurnal Pendidikan Ilmu Ilmu Sosial. Vol. 7, No. 1, Juni 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.