Peran Seorang Guru Dalam Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa Di Era Digital
Abstract
Di era digital saat ini, guru berperan penting dalam mengembangkan kesadaran politik siswa. Peran guru tidak hanya mengajarkan ilmu politik tetapi juga menumbuhkan pemikiran kritis dan kewarganegaraan. Lebih lanjut, Pendidikan Kewarganegaraan berfungsi sebagai alat untuk memperkenalkan partisipasi politik kepada siswa dan membimbing mereka dalam mengembangkan kecerdasan sipil, tanggung jawab sipil, dan partisipasi sipil di tingkat sekolah dasar sebagai landasan bagi siswa untuk memenuhi perannya sebagai warga negara. Peran seorang guru dalam meningkatkan kesadaran politik siswa di era digital sangatlah penting dan strategis. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi, guru tidak hanya berfungsi sebagai pengajar mata pelajaran akademik tetapi juga sebagai pemandu yang dapat memfasilitasi siswa dalam memahami isu-isu politik, mengenali berbagai sudut pandang, dan mengembangkan sikap kritis terhadap informasi yang tersedia. Guru dapat membantu siswa dalam membedakan informasi valid dan hoax, serta menggunakan media digital secara bijak untuk memperoleh pengetahuan yang akurat dan relevan.
Kata Kunci : Peran Guru Sangatlah Penting,membimbing dan menginspirasi masa depan.
Full Text:
PDFReferences
Graham, C., & Laskin, A. (2023). "Digital Literacy for Democracy: Enhancing Political Awareness in the Classroom." Journal of Educational Technology & Society, 26(4), 50-64.
Barber, B. (2022). "The Impact of Social Media on Political Engagement: A Study of High School Students." International Journal of Civic Education, 35(2), 78-92.
Klein, R. & Johnson, S. (2021). "Teacher's Role in Civic Education: Building Political Awareness in the Digital Age." Educational Research Review, 15(1), 112-127.
Anderson, C., & Boulianne, S. (2020). "Social Media, Political Knowledge, and Political Participation: The Role of Teachers in Promoting Civic Engagement." American Educational Research Journal, 57(3), 715-740.
Refbacks
- There are currently no refbacks.