KOLABORASI DALAM BIDANG PENDIDIKAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL

Muhammad Akhtar Falih Muntazar, Salvandra Eka Ardianto, Muhammad Khafid 1 Hidayatullah

Abstract


Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, kolaborasi dalam  pendidikan semakin terbuka dengan pemanfaatan media digital yang inovatif. Artikel  ini bertujuan untuk mengeksplorasi kolaborasi yang dapat dibangun antara pendidik,  siswa, dan lembaga pendidikan melalui pemanfaatan media digital dalam berbagai  bentuk. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah kajian literatur dengan  mengidentifikasi berbagai penerapan teknologi digital dalam pendidikan. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital memungkinkan fleksibilitas  dalam pembelajaran dan memperluas akses terhadap sumber belajar yang lebih  beragam. Melalui media digital, kolaborasi antara siswa dan pengajar dapat terjalin  lebih efektif, bahkan melibatkan kolaborasi internasional yang mengembangkan  keterampilan sosial dan kognitif siswa. Penggunaan platform pembelajaran daring,  aplikasi komunikasi, dan media sosial dalam pendidikan, memberikan pengalaman  belajar yang lebih interaktif dan inklusif.

Kata Kunci: teknologi informasi, kepemimpinan, adaptasi teknologi, soft skills, transformasi digital

                                                                 

Full Text:

PDF

References


Saddhono, K. 2007. Orang Madura dan Wong Solo: Fenomena Integrasi Linguistik Kulural. Surakarta: Program Beasiswa Unggulan Departemen Pendidikan Nasional dan Sebelas Maret University Press.

Dede, C. 2018. Collaborative Learning in the Digital Age. Journal of Educational Technology, 22(1): 15-28.

Johnson, D., & Johnson, R. 2014. The New Digital Classroom: Learning in the 21st Century. New York: Pearson Education.

Becta. 2008. The Impact of Technology on Learning in Education. Retrieved from http://www.becta.org.uk/ on 6 March 2024.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.