DAMPAK PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MEMBENTUK PEMIMPIN INOVATIF DI INDONESIA
Abstract
Pendidikan teknologi informasi (TI) memeainkan peran yang paling penting dalam membentuk pemimpin masa depan yang inovatif, khususnya di Indonesia. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak Pendidikan berbasis TI terhadap pengembangan keterampilan kepemimpinan yang relevan dalam menghadapi tantangan di era digital, Pendidikan TI tidak hanya memberikan keterampilan teknis, tetapi juga mendukung pengembangan pemikiran kritis, kemampuan adaptasi, kolaborasi, dan komunikasi yang efektif. Faktor faktor ini penting dalam membangun karakter seorang pemimpin yang mampu memimpin dengan inovasi dan ketangguhan. Namun tantangan seperti kesenjangan akses teknologi antara daerah perkotaan dan pedesaan menjadi hambatan yang harus diatasi. Kesimpulan dari artikel ini menunjukan bahwa Pendidikan TI memiliki potensi besar dalam mencetak pemimpin inovatif, asalkan terdapat upaya kolaboratif untuk memastikan akses yang merata dan inklusivitas di selurush Indonesia.
Kata kunci : Pendidikan teknologi informasi, Kepemimpinan inovatif, Keterampilan Digital, Akses Pendidikan.
Full Text:
PDFReferences
Barr, M. (2018). Student attitudes to games-based skills development: Learning from video games in higher education. Computers in Human Behavior, 80, 283–294.
https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.11.030
Bendapudi, N., Zhan, S., & Hong, Y. Y. (2018). Cultural Values Differentially Moderate the Benefits of Basic Education on Two Types of National Innovation Outputs. Journal of Cross-Cultural Psychology, 49(2), 199–222. https://doi.org/10.1177/0022022116650259
Blândul, V. C. (2015). Inovation in Education – Fundamental Request of Knowledge Society.
Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180(November 2014), 484–488. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.148
Burbules, N. C., Fan, G., & Repp, P. (2020). Five trends of education and technology in a sustainable future. Geography and Sustainability, 1(2), 93–97. https://doi.org/10.1016/j.geosus.2020.05.001
Chehade, M. J., Yadav, L., Kopansky-Giles, D., Merolli, M., Palmer, E., Jayatilaka, A., & Slater, H. (2020). Innovations to improve access to musculoskeletal care. Best Practice and Research: Clinical Rheumatology, 34(5), 101559. https://doi.org/10.1016/j.berh.2020.101559
Efendi, N. M. (2019). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital Pada Start Up Sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), 173. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i2.28788
Fitri, S. (2017). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak.
NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118– 123. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5
Fleaca, E., & Stanciu, R. D. (2019). Digital-age Learning and Business Engineering Education-a Pilot Study on Students’ E-skills. Procedia Manufacturing, 32, 1051–1057. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.02.320
Fuad, D. R. S. M., Musa, K., & Hashim, Z. (2020). Innovation culture in education: A systematic review of the literature. Management in Education, 1997. https://doi.org/10.1177/0892020620959760
Juraschek, M., Büth, L., Martin, N., Pulst, S., Thiede, S., & Herrmann, C. (2020). Event-based
education and innovation in Learning Factories - Concept and evaluation from Hackathon to GameJam. Procedia Manufacturing, 45(2019), 43–48. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.04.057
Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144–55.
Refbacks
- There are currently no refbacks.