Peran Guru dalam Menanggapi Pelanggaran Hak Asasi Manusia yang Dilakukan Remaja

Davina Safa Felisha, Intan Nuraini, Karin Setia Ningrum, Shelomita Putri Agustina, Day Ramadhani Amir

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperjelas peran penting guru dalam menanggapi pelanggaran Hak Asasi Manusia yang dilakukan remaja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang mengungkapkan bahwa masa remaja merupakan periode krusial dalam pembentukan karakter dan moralitas, sehingga penting bagi guru untuk memahami dan mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi remaja, termasuk pelanggaran Hak Asasi Manusia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru sangatlah penting, disamping peran orang tua siswa remaja itu sendiri. Guru menerapkan Hak Asasi Manusia untuk belajar dengan baik dan memperhatikan siswa, memfasilitasi pembelajaran, dan peduli. Peran guru dalam menegakkan atau menanggapi Hak Asasi Manusia pada peserta didik remaja dapat dilakukan dengan cara memberikan pemahaman mengenai Hak Asasi Manusia itu sendiri, menasehati dalam pembelajaran, menciptakan situasi kelompok yang positif, dll. Guru harus dinamis dan mengikuti perkembangan zaman.

 

Kata Kunci: Hak Asasi Manusia, Pelanggaran, Remaja


Full Text:

PDF

References


Adila, N., Susanti, E., Putri, S. A., Syawalia, T., Helmi, N., & Nasrullah, M. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN HAM DI KALANGAN REMAJA. Seroja: Jurnal Pendidikan, 3(2), 82-86.

Azizah, Nurul. 2022. “Implementasi Konseling Realitas Dalam Penanganan Kenakalan Remaja Akibat Korban Perceraian Orangtua (Studi Kasus Remaja Dusun Calungan Desa Rejotengah Kabupaten Lamongan).”

Husna, S. K. I., & Najicha, F. U. (2023). Pancasila dan Hubungannya dengan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(2), 104-112.

Ismatuddiyanah, I., Meganingrum, R. J. A. A., Putri, F. A., & Mahardika, I. K. (2023). Ciri dan Tugas Perkembangan Pada Masa Remaja Awal dan Menengah Serta Pengaruhnya Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27233-27242.

Kristanto, A., & Fikri, M. N. (2023). Perlindungan Anak Di Sekolah: Menyikapi Pelanggaran Ham Dalam Bentuk Verbal Bullying Berbasis Nama Orang Tua. JURNAL ILMIAH PENELITIAN MAHASISWA, 1(3), 13-21.

Laksono, W. P., Putri, S. A., Kusuma, E., & Wiranata, I. H. (2024). Implementasi Ham Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kayen Kidul. Philosophia Mundi, 2(4), 56-67.

Naibaho, D., & Nainggolan, E. Y. Y. (2023). Pentingnya Peranan Guru Mengatasi Bullying di Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Ramah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(3), 84-91.

Rofifah, F. P., Santoso, A. P. A., Sarifah, A., Kahesti, D., Ijlal, F., Putri, A., ... & Zulaykha, S. (2023). Kejahatan Remaja (Klitih) Sebagai Bentuk Pelanggaran Ham. Jurnal Hukum Dan HAM Wara Sains, 2(06), 469-475.

Sholeh, A. R. (2020). Peran Guru dalam Penegakan Nilai-Nilai Hak Asasi Manusia pada Peserta Didik. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(2), 27-33.

Susanty, Fitri. 2022. “Peran Guru BK Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Serta Mengatasi Kenakalan Siswa Di SMA IT Raudhatul Ulum Sakatiga Kabupaten Ogan Ilir.” Pustaka: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan 2(3):90–110.

Timor, L. R. (2022). Bullying Sebagai Bentuk Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Wahidiyani, O. C., Rulyansyah, A., & Akhwani, A. (2024). Peran Guru dalam Pendampingan Peserta Didik untuk Mewujudkan Sekolah Bebas Bullying di SD. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 1044-1053.

Yamada, S., & Setyowati, R. N. (2022). Peran guru dalam mengatasi tindakan school bullying sebagai upaya mewujudkan sekolah ramah anak di smp negeri 2 wates kab. Kediri. Journal of Civics and Moral Studies, 7(1), 30-43.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.