PEMANFAATAN MEDIA RANGKAIAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN AKSES DAN KUALITAS PENDIDIKAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media rangkaian digital dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mencakup pendekatan campuran (mixed methods) yang menggabungkan analisis kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media rangkaian digital, seperti platform pembelajaran online dan aplikasi edukasi, secara signifikan memperluas akses pendidikan, terutama di daerah terpencil yang sebelumnya kesulitan mendapatkan layanan pendidikan berkualitas. Selain itu, penggunaan teknologi digital meningkatkan interaktivitas dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, serta memungkinkan guru memberikan umpan balik secara lebih cepat dan efisien.Namun, penelitian ini juga mengungkap beberapa tantangan, termasuk kesenjangan digital yang disebabkan oleh keterbatasan akses internet dan perangkat, serta kebutuhan akan pelatihan literasi digital bagi guru dan siswa. Solusi yang diusulkan meliputi peningkatan infrastruktur teknologi, program pelatihan berkelanjutan, dan kebijakan keamanan data untuk memastikan privasi siswa.
Kata Kunci: Media Digital, Akses Pendidikan, dan kesenjangan digital
Full Text:
PDFReferences
Bates, T. (2019). Teaching in a Digital Age: Guidelines for Designing Teaching and Learning. Vancouver: BCcampus Open Textbooks.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning (4th ed.). Hoboken, NJ: Wiley.
Hattie, J. (2008). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. London: Routledge.
Mayer, R. E. (2005). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. Cambridge: Cambridge University Press.
Moore, M. G., & Kearsley, G. (2011). Distance Education: A Systems View of Online Learning (3rd ed.). Belmont, CA: Wadsworth.
Refbacks
- There are currently no refbacks.