Model Pembelajaran Berbaisis Kolaborasi dengan Dukungan Media Sosial

Dewi Anisa Hidayanti, Fajar Adi Saputra, Fawaidus Sulton

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran kolaboratif yang didukung media sosial, dengan fokus pada peningkatan interaksi dan partisipasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen yang mencakup dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media sosial dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial secara signifikan meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan masyarakat dan hasil belajar. Nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, dengan perbedaan yang signifikan (p <0,05) Studi ini mendukung pentingnya mengintegrasikan media sosial ke dalam pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan efektivitas pendidikan. 

Kata Kunci: Pembelajaran kolaboratif, media sosial, dan interaksi siswa

Full Text:

PDF

References


Alexandrov, N., Velarde, R. R., & Alexandrov, V. (Eds.). (2012). Technological Advances in Interactive Collaborative Learning Washington.

Matondang, Z. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Rencana Anggaran Biaya Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 2 Siatas Barita-Tapanuli Utara. Jurnal Educational Building, 1(1), 13-22.

Maharani, L., Punaji, S., & Saida, U. (2017). Pemanfaatan Social Learning Network Dalam Mendukung Keterampilan Kolaborasi

Siswa. Prosiding TEP & PD, 167-172.

Männistö, J., et al. (2019). Inovasi Metode Pembelajaran Kolaboratif di Era Digital. Edu Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 45-60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.