Kolaborasi dalam Pendidikan: Memanfaatkan Rangkaian Digital untuk Pembelajaran Berkelanjutan
Abstract
Kolaborasi dalam pendidikan menjadi elemen penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan inklusif. Di era digital, penggunaan media dari rangkaian digital telah membuka peluang baru untuk kolaborasi antara pendidik, siswa, orang tua, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya. Artikel ini membahas peran kolaborasi digital dalam pendidikan dan bagaimana media digital dapat diintegrasikan untuk mendukung pembelajaran berkelanjutan. Pemanfaatan aplikasi pembelajaran, platform kolaborasi daring, dan media sosial memungkinkan penyebaran informasi yang lebih cepat, aksesibilitas materi yang lebih luas, serta interaksi yang lebih baik antara pihak yang terlibat. Melalui pendekatan kolaboratif berbasis digital, pendidikan dapat menjadi lebih adaptif dan relevan terhadap perkembangan zaman, sehingga mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan berkelanjutan bagi siswa.
Kata Kunci: Kolaborasi pendidikan, rangkaian digital, pembelajaran berkelanjutan, teknologi pendidikan, media digital, platform kolaborasi
Full Text:
PDFReferences
Al-Qahtani, A. A. Y., & Higgins, S. E. (2013). "Effects of traditional, blended, and e-learning on students' achievement in higher education." Journal of Computer Assisted Learning, 29(3), 220-234.
Anderson, T., & Dron, J. (2011). "Three generations of distance education pedagogy." International Review of Research in Open and Distributed Learning, 12(3), 80-97.
Bates, A. W. (2015). Teaching in a Digital Age: Guidelines for Designing Teaching and Learning. BCcampus OpenEd.
Garrison, D. R., & Kanuka, H. (2004). "Blended learning: Uncovering its transformative potential in higher education." The Internet and Higher Education, 7(2), 95-105.
Hrastinski, S. (2008). "Asynchronous and synchronous e-learning." Educause Quarterly, 31(4), 51-55.
Moore, M. G. (1993). "Theory of transactional distance." In D. Keegan (Ed.), Theoretical principles of distance education (pp. 22-38). Routledge.
Pappas, C. (2015). "The top eLearning statistics and facts for 2015 you need to know." eLearning Industry. Retrieved from https://elearningindustry.com.
Picciano, A. G. (2009). "Blending with purpose: The multimodal model." Journal of the Research Center for Educational Technology, 5(1), 4-14.
Sun, P.-C., Tsai, R. J., Finger, G., Chen, Y.-Y., & Yeh, D. (2008). "What drives a successful e-Learning? An empirical investigation of the critical factors influencing learner satisfaction." Computers & Education, 50(4), 1183- 1202.
Wang, M., & Kang, M. (2006). "Cybergogy for engaged learning: A framework for creating learner engagement through information and communication technology." Journal of Interactive Learning Research, 17(3), 317-342.
Refbacks
- There are currently no refbacks.