PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAN SEBAGAI UPAYA MEMERANGI ISU POLITIK

Engga Alwi Shihab Alzubair1, Yanuari Rio Rizki Saputra, Yosep Ari Pratama Marbun, Day Ramadhani Amir

Abstract


Pendidikan kewarganegaraan bertujuan untuk mengembangkan warga negara yang berpengetahuan  politik dan mampu berpartisipasi dalam membangun lembaga demokrasi, berdasarkan karakter  Pancasila dan UUD 1945. Pemberian pendidikan kewarganegaraan khususnya kepada generasi  muda menjadi hal yang penting saat ini. Pendidikan kewarganegaraan juga dapat dijadikan salah  satu alternatif pendidikan karakter bagi generasi muda. Kajian ini berfokus pada peran penting  pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk pemikiran kritis remaja dalam dinamika era digital.  Dengan mengkaji interaksi pendidikan kewarganegaraan dan media sosial, penelitian ini  mengeksplorasi bagaimana peran pendidikan kewarganegaraan mengintegrasikan literasi digital dan  pendidikan etika online untuk melatih remaja mengevaluasi informasi. Lebih lanjut, penelitian ini  juga membahas dampak positif yang dapat dicapai, seperti peningkatan partisipasi generasi muda  dalam dialog sosial dan politik. Kerusuhan yang terjadi saat ini terjadi akibat meningkatnya  permasalahan politik di masyarakat sehingga menimbulkan rasa tidak aman. Mengingat fenomena  ini menyoroti kemerosotan moral generasi di negeri ini. Pasalnya, mayoritas pengguna media sosial  masih berstatus pelajar dan belum memiliki kemampuan menyaring segala informasi yang ada  sehingga mudah terprovokasi. Di sinilah letak pentingnya peran pendidikan kewarganegaraan  sebagai pendidikan moral dan karakter dalam membangun kecerdasan moral bangsa, khususnya  dalam menghadapi permasalahan politik.

Kata kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Sosial Media, Era Digital, Isu Politik, Berita Hoaks

 


Full Text:

PDF

References


Agustin, D. Sumantri, P, M. Eoh, V, B. Firliana, D. Marwahdi, A, P. Beng, J, T. (2023). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Cara dalam Membangun Kepercayaan Diri Remaja sebagai Pertahanan terhadap Bullying: Tinjauan Sosial Budaya. Jurnal Ilmu Humaria, Vol. 7 No. 2.

Firmansyah, Y. Ulfah, N. & Utami P, S. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Membangun Moral Seseorang Dalam Menanggapi Berita hoax. Jurnal Buana Ilmu, Vol. 6 No. 1.

Hapsari, L, A. Kusumasari, S. Purna, A. & Brata, Y. (2023). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Karakter dan Kesadaran Bela Negara pada Generasi Muda untuk Pembangunan Bangsa. Indigenous Knowledge, 2(4), 269– 276.

Mistortoify, G. Najicha, F, U. (2023). Pendidikan Kewarganegaraan di Era Digital: Membentuk Pemikiran Kritis, Literasi Digital, dan Partisipasi Aktif melalui MediaSosial.ResearchGate:https://www.researchgate.net/publication/376782643.

Naibahom, L. Nainggolan, J. A. Hutapea, N. M. Tobing, S. L. Bangun, D, Y, B. & Rachman, F. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menanggulangi Disinformasi dan Hoaks di Era Media Sosial pada Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024 Perspektif Siswa-Siswi SMA Swasta Eria Medan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 7 No.04

Waulat. J. E., 2024. Cara mengenali berita hoaks dengan tepat dalam https://www.rri.co.id/. (diakses 13 November 2024).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.