PENTINGNYA TOLERANSI DI LINGKUNGAN MAHASISWA

M Kholif Syahrian N, Kusuma Pertiwi, Putri Nur Rahayu, Day Ramadhani Amir

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang  kepentingan pendidikan toleransi.Untuk mencegah perilaku yang tidak bisa menerima  perbedaan dan pemikiran yang ekstrim serta menjelaskan cara-cara yang bisa digunakan.  Pada penelitian ini, digunakan metode deskriptif untuk menyelidiki masalahnya. Penelitian studi ini mengeksplorasi bagaimana mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro berkontribusi  untuk memperkuat sikap toleransi dalam lingkungan mereka, kampus penuh dengan  keberagaman budaya dan latar belakang. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana  mahasiswa IKIP membantu mengembangkan pemahaman, menghargai perbedaan, dan  mempererat hubungan interpersonal di sekitar kampus. Harapannya, penelitian ini bisa  memberi pandangan yang bermanfaat dalam mengembangkan strategi pendidikan yang  prihatin akan kesatuan dan keseimbangan dalam lingkungan akademis. Implikasi dari  penelitian ini memberikan landasan untuk mengembangkan program pendidikan dan  intervensi sosial yang lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman, menghargai  perbedaan, dan mempererat hubungan antar individu di kampus. 

Kata kunci: Toleransi, Lingkungan Kampus, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Ashoumi, Auliya Husna, Sa’diyah (2023). INTERNALISASI NILAI MODERASI BERAGAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP TOLERANSI MAHASISWA. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). 7 (3) 463.

Asril, Jaenam, Syahrizal, Armalena, Yuherman (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah. 8 (3) 1302- 1306.

Dhea Gita Ananda. Aisyah Puspita Dewi, Lidia (2024). Pendidikan Moderasi Beragama:Membangun Toleransi Dan Keberagaman. Jurnal Studi Islam. 1 (3) 196.

Fiska Diana (2022). Pentingnya Konseling Lintas Agama dan Budaya dalam Menjaga Budaya Toleransi di Sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 4 (1) 67.

F. Melasari, M. Detasari, F. Sriwulan, R. Verliansyah, L. Santi, R. Sri Ariko, O.T. Reski (2021). BENTUK TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DALAM MENJAGA IDENTITAS NASIONAL DAN BHINEKA TUNGGAL IKA. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education. 2 (1) 11-12.

Khairunisa, Hoeriyah, Lutfiah, Wijaya, Aris (2024). KEMAJEMUKAN SUKU, RAS, AGAMA DAN ETNIK (MULTIKULTURAL). Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif (JLPI). 5 (2) 92.

M. Jannah, KZ Putro, A. Tabiin (2022). Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Program Studi PIAUD Dalam Penerapan Moderasi Beragama. Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman. 12 (1) 111-112.

Nazilatul Maghfiroh (2022). BAHASA INDONESIA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI MASYARAKAT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. 19 (2) 103.

PROSMALA HADISAPUTRA & BAIQ ROFIQOH AMALIASYAH (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TOLERANSI DI INDONESIA. 43 (1) 78.

Ridwan Effendi, Alfauzan, Hafizh Nurinda (2021). MENJAGA TOLERANSI MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME. Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan. 18 (1) 45-46.

Rofiqoh Nirwana (2023). PENANAMAN NILAI TOLERANSI BERAGAMA MATA PELAJARAN PAI DI SEKOLAH SEBAGAI PILAR PERDAMAIAN DUNIA. Jurnal Al Manar. 1 (1).

Sopyan Hadi & Yunus Bayu (2021). Membangun Kerukunan Umat Beragama melalui Model Pembelajaran PAI Berbasis Kearifan Lokal pada Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 8 (1) 32.

Sudrirman, Astuty, Kwek, Risandi, Chanrico (2021). SIKAP TOLERANSI ANTAR BUDAYA DI INDONESIA. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro). 3 (1) 667.

Widiatmaka, Hidayat, Yapandi, Rahnang (2022). Pendidikan multikultural dan pembangunan karakter toleransi. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia). 9 (2) 128.

Yunus dan Mukhlisin (2020). SOSIAL-BUDAYA : HARMONISASI AGAMA DAN BUDAYA DALAM PENDIDIKAN TOLERANSI. Jurnal Agama dan Sosial Humaniora 8 (2) 11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.