PENTINGNYA TOLERANSI DI LINGKUNGAN MAHASISWA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang kepentingan pendidikan toleransi.Untuk mencegah perilaku yang tidak bisa menerima perbedaan dan pemikiran yang ekstrim serta menjelaskan cara-cara yang bisa digunakan. Pada penelitian ini, digunakan metode deskriptif untuk menyelidiki masalahnya. Penelitian studi ini mengeksplorasi bagaimana mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro berkontribusi untuk memperkuat sikap toleransi dalam lingkungan mereka, kampus penuh dengan keberagaman budaya dan latar belakang. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana mahasiswa IKIP membantu mengembangkan pemahaman, menghargai perbedaan, dan mempererat hubungan interpersonal di sekitar kampus. Harapannya, penelitian ini bisa memberi pandangan yang bermanfaat dalam mengembangkan strategi pendidikan yang prihatin akan kesatuan dan keseimbangan dalam lingkungan akademis. Implikasi dari penelitian ini memberikan landasan untuk mengembangkan program pendidikan dan intervensi sosial yang lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman, menghargai perbedaan, dan mempererat hubungan antar individu di kampus.
Kata kunci: Toleransi, Lingkungan Kampus, MahasiswaFull Text:
PDFReferences
Ashoumi, Auliya Husna, Sa’diyah (2023). INTERNALISASI NILAI MODERASI BERAGAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP TOLERANSI MAHASISWA. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). 7 (3) 463.
Asril, Jaenam, Syahrizal, Armalena, Yuherman (2023). Peningkatan Nilai-Nilai Demokrasi dan Nasionalisme Pada Mahasiswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah. 8 (3) 1302- 1306.
Dhea Gita Ananda. Aisyah Puspita Dewi, Lidia (2024). Pendidikan Moderasi Beragama:Membangun Toleransi Dan Keberagaman. Jurnal Studi Islam. 1 (3) 196.
Fiska Diana (2022). Pentingnya Konseling Lintas Agama dan Budaya dalam Menjaga Budaya Toleransi di Sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 4 (1) 67.
F. Melasari, M. Detasari, F. Sriwulan, R. Verliansyah, L. Santi, R. Sri Ariko, O.T. Reski (2021). BENTUK TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DALAM MENJAGA IDENTITAS NASIONAL DAN BHINEKA TUNGGAL IKA. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education. 2 (1) 11-12.
Khairunisa, Hoeriyah, Lutfiah, Wijaya, Aris (2024). KEMAJEMUKAN SUKU, RAS, AGAMA DAN ETNIK (MULTIKULTURAL). Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif (JLPI). 5 (2) 92.
M. Jannah, KZ Putro, A. Tabiin (2022). Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Program Studi PIAUD Dalam Penerapan Moderasi Beragama. Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman. 12 (1) 111-112.
Nazilatul Maghfiroh (2022). BAHASA INDONESIA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI MASYARAKAT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. 19 (2) 103.
PROSMALA HADISAPUTRA & BAIQ ROFIQOH AMALIASYAH (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TOLERANSI DI INDONESIA. 43 (1) 78.
Ridwan Effendi, Alfauzan, Hafizh Nurinda (2021). MENJAGA TOLERANSI MELALUI PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME. Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan. 18 (1) 45-46.
Rofiqoh Nirwana (2023). PENANAMAN NILAI TOLERANSI BERAGAMA MATA PELAJARAN PAI DI SEKOLAH SEBAGAI PILAR PERDAMAIAN DUNIA. Jurnal Al Manar. 1 (1).
Sopyan Hadi & Yunus Bayu (2021). Membangun Kerukunan Umat Beragama melalui Model Pembelajaran PAI Berbasis Kearifan Lokal pada Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 8 (1) 32.
Sudrirman, Astuty, Kwek, Risandi, Chanrico (2021). SIKAP TOLERANSI ANTAR BUDAYA DI INDONESIA. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro). 3 (1) 667.
Widiatmaka, Hidayat, Yapandi, Rahnang (2022). Pendidikan multikultural dan pembangunan karakter toleransi. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia). 9 (2) 128.
Yunus dan Mukhlisin (2020). SOSIAL-BUDAYA : HARMONISASI AGAMA DAN BUDAYA DALAM PENDIDIKAN TOLERANSI. Jurnal Agama dan Sosial Humaniora 8 (2) 11.
Refbacks
- There are currently no refbacks.