PRINSIP DAN PROSEDUR PENGGUNAAN METODE MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SMPN 15 MUARO JAMBI
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang semakin penting dalam dunia pendidikan, di mana pengajaran disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik unik setiap siswa. Untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran ini, guru perlu menguasai berbagai prinsip dan prosedur penggunaan metode mengajar yang efektif. Salah satu keterampilan kunci adalah kemampuan bertanya, yang memungkinkan guru untuk menggali pemahaman siswa secara mendalam dan mendorong partisipasi aktif dalam proses belajar. Selain itu, variasi dalam metode pengajaran sangat penting untuk menjaga minat siswa serta memenuhi beragam gaya belajar yang ada di kelas. Memimpin diskusi juga menjadi aspek krusial, karena dapat menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif dan interaktif. Terakhir, pengajaran kelompok kecil dan perorangan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan perhatian lebih dari guru, sehingga mereka dapat belajar dengan cara yang paling sesuai bagi mereka. Dengan mengintegrasikan semua keterampilan ini, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan setiap siswa, sehingga tujuan pembelajaran berdiferensiasi dapat tercapai secara optimal.
Kata Kunci: pembelajaran berdiferensiasi, metode mengajar, keterampilan bertanya.Full Text:
PDFReferences
Bishop, J. (2023). The role of teacher questioning in differentiated instruction. Journal of Educational Practices, 37(2), 134-145.
Brown, L. (2022). Teaching strategies for diverse learners: Implementing differentiation with small groups and individualized instruction. International Journal of Education, 39(1), 45-58.
Chou, C. (2024). The power of questioning in differentiated classrooms. Pedagogical Insights, 19(3), 101-113.
Chou, L. (2024). The Role of Questioning in Critical Thinking Development. International Journal of Teaching and Learning, 12(1), 45-58.
Dewi, P., & Setiawan, A. (2024). Effective discussion management in differentiated classrooms. International Journal of Pedagogical Research, 10(3), 215-228.
Foster, R., & Shaw, L. (2024). Teaching small groups and individuals: Techniques for differentiation in the classroom. Teaching Strategies Quarterly, 18(1), 55-68.
Graham, S. (2022). Small group teaching: Practices and procedures for effective learning in differentiated environments. Pedagogical Studies, 15(2), 120- 134.
Handayani, S. (2023). Evaluasi Pembelajaran: Pendekatan Komprehensif dalam Penilaian Siswa. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(2), 145-160.
Johnson, R., & Lee, A. (2023). Differentiated instruction and teaching strategies for diverse learners. International Journal of Education Research, 41(2), 140-153.
Kusuma, A. (2024). Evaluasi Pembelajaran: Metode dan Implementasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 45-58.
Kusuma, A., & Rahman, B. (2023). Efektivitas Diskusi Kelompok dalam Pengembangan Kompetensi Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 78-92.
Pratiwi, R. (2022). Student-Centered Learning: Paradigma Baru dalam Pendidikan Modern. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(3), 234-248.
Rahman, S., & Putri, D. (2023). Diferensiasi Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Modern. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(2), 112-125.
Rahmawati, D., & Putri, L. (2022). Kolaborasi Guru dalam Pengembangan Profesional: Studi Kasus di Sekolah Menengah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 56-70.
Safitri, M. (2022). Efektivitas Prosedur Pengajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3), 234-248.
Safitri, M. (2024). Diferensiasi Pembelajaran: Strategi Mengakomodasi Keberagaman Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 123-138.
Sari, R. (2023). Variations in teaching methods to address students’ diverse learning styles. Indonesian Journal of Educational Science, 19(4), 80-92.
Smith, J., & Wilson, P. (2023). Differentiated instruction in the 21st century classroom: Best practices and strategies. Journal of Educational Research, 45(2), 120-132.
Tomlinson, C. A. (2022). Differentiated Instruction: A Framework for Success in Today’s Classroom. Educational Leadership, 79(4), 14-21.
Wibowo, R. (2023). Prinsip-Prinsip Dasar Pengajaran Modern. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 67-82.
Widodo, S. (2023). Prinsip-Prinsip Fundamental dalam Pengajaran Modern. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(4), 89-102.
Refbacks
- There are currently no refbacks.