PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF, KOLABORASI DAN KARAKTER DI SMP NEGERI 3 MUARO JAMBI
Abstract
Penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dan Teams-Games-Tournament (TGT) di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Melalui wawancara dengan guru di SMP Negeri 3 Muaro Jambi, studi ini mengidentifikasi manfaat, tantangan, serta perbandingan efektivitas antara kedua model pembelajaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model NHT efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif dan kemampuan berpikir kritis siswa, sementara model TGT berhasil meningkatkan motivasi belajar melalui pendekatan berbasis permainan dan kompetisi. Meskipun terdapat tantangan dalam implementasi, seperti adaptasi siswa terhadap format kompetisi, manfaat yang diperoleh dari kedua model cukup signifikan dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan efektif di tingkat SMP. Implikasi dari temuan ini adalah perlunya peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan model-model pembelajaran inovatif serta pengembangan sistem reward yang seimbang dalam pembelajaran kooperatif berbasis kompetisi.
Kata Kunci: Model Numbered Head Together, Model Teams Games Tournament.
Full Text:
PDFReferences
Handayani, R., Putri, D. H., & Connie, C. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 3(1), 15-24.
Kusuma, A., & Rahayu, S. (2022). Studi Komparatif Model Pembelajaran TGT dan NHT dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(2), 78-92.
Nurfitriana, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran TGT untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 45-56.
Pratiwi, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran NHT dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 112-125.
Purnomo, A., Sulaiman, S., & Rizki, S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1-10.
Rahmatullah, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3), 234-248.
Setiawan, A., & Kartika, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran TGT dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(4), 167-180.
Widodo, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran NHT untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa. Jurnal Pendidikan Modern, 10(1), 45-58.
Wijaya, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 45-48.
Refbacks
- There are currently no refbacks.