PEMBELAJARAN BERBASIS KOLABORASI DAN KARAKTER DI SMP N 6 MUARO JAMBI

Lidya Permatasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran berbasis kolaborasi dan penguatan karakter di SMP Negeri 6 Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis kolaborasi di SMP Negeri 6 Muaro Jambi diterapkan melalui kegiatan kelompok, diskusi, dan presentasi. Strategi yang digunakan antara lain pembentukan kelompok heterogen, pemberian tugas yang menuntut kerjasama, dan fasilitasi guru dalam proses diskusi. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan mencakup religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Penguatan karakter dilakukan melalui keteladanan guru, pembiasaan, dan pengintegrasian dalam pembelajaran. Sekolah juga menjalin kerjasama dengan orang tua dan masyarakat untuk mendukung pembangunan karakter siswa. Kendala yang dihadapi antara lain perbedaan latar belakang siswa, keterbatasan waktu, dan kurangnya pemahaman guru terkait strategi pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis kolaborasi dan penguatan karakter di SMP Negeri 6 Muaro Jambi telah berjalan dengan baik meskipun masih terdapat beberapa kendala yang perlu diatasi.


Kata Kunci: kolaborasi, karakter. 


Full Text:

PDF

References


Hasan, Yetri, and Rijal Firdaos. 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Di Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8(2):267. doi: 10.24042/atjpi.v8i2.2131.

Nugraha, Ariadi, and Fuad Aminur Rahman. 2017. “Strategi Kolaborasi Orangtua Dengan Konselor Dalam Mengembangkan Sukses Studi Siswa.” Jurnal Konseling GUSJIGANG 3(1):128–36.

Sukatin, Nur’aini, Novrita Sari, Usnul Hamidia, and Khairil Akhiri. 2022. “Pendidikan Karakter Anak.” Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 2(2):7–13. doi:10.57251/hij.v2i2.783.

Shabir U, M.. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: (Tugas Dan Tanggung Jawab, Hak Dan Kewajiban, Dan Kompetensi Guru). Jurnal UIN Alauddin Makassar, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.