KARYA ILMIAH PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK IDENTITAS NASIONAL DIERA GENERASI ALPHA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pendidikan kewarganegaraan dapat memajukan nilai-nilai Pancasila dan memperkuat nasionalisme di era teknologi informasi dan internet. Data dikumpulkan melalui penelusuran perpustakaan dengan fokus pada jurnal akademis yang berkaitan dengan metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewarganegaraan sangat penting dalam menanamkan moralitas, cinta tanah air dan Pancasila pada generasi alfa. Lebih lanjut, penelitian ini menunjukkan bahwa penting untuk memasukkan nilai-nilai lokal dan internasional ke dalam program pendidikan kewarganegaraan jika generasi muda di negara berkembang ingin menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan kompetitif. Generasi Alpha merupakan generasi yang muncul antara tahun 2010 hingga 2025. Globalisasi dan kemajuan pesat teknologi informasi membuat mereka sulit memahami dan menerapkan nilai-nilai persahabatan. Pendidikan kewarganegaraan diharapkan menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan keterikatan terhadap kampung halaman, pengakuan terhadap hak dan tanggung jawab nasional, dan partisipasi aktif dalam masyarakat. Artikel ini menganalisis metode dan strategi yang dapat digunakan dalam pendidikan kewarganegaraan untuk memperkuat identitas nasional. Penelitian ini menunjukkan bahwa mengintegrasikan nilai-nilai lokal dan global ke dalam kurikulum, memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran, dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial dapat memperkuat rasa solidaritas dan identitas etnis generasi alfa.
Kata Kunci: pendidikan kewarganegaraan, jati diri bangsa, generasi alfa
Full Text:
PDFReferences
Afifah, T. (2018). Undang-Undang Dasar 1945 dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 Mengkaji Identitas Nasional Advocacy: Journal of Legal Science, 2(2), 187–198.
Aisyah, ZIR, dan Dewi, DA (2022). Membangun Karakter Anak Bangsa Melalui Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1039–1044.
Amalia, Rofifah, dan Zuhri (2020). Jurnal Edukatif, 1(1), 68-75. Aryani et al. (2022). Hamdani, AD, dan Dewi, DA (2021). Jurnal Gema Keadilan, 9(3), 1-12. Pada Siswa Sekolah Dasar, Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kehidupan Membantu mereka bersosialisasi dan membangun karakter bangsa. Konstruktivisme: Education and Learning Journal, 13(1), 105-113.
Magdalena, I., Haq, A.S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 97–104.
Nababan, I.O. (2024). Kemerosotan Nilai-nilai Pancasila Di Era Globalisasi Di Kalangan Pemuda Di Industri Kamboja Desa Laut Dendang. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 414-417.
Nugraheni, A.S. (2019). Pengaruh Lingkungan, Kepercayaan Diri, Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Generasi Z Di Kecamatan Tambaksari Surabaya. Jurnal Universitas 17 Agustus, 1(2), 388–402.
Pertiwi, A.D., et al. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4328–4333.
Putra, W., et al. (2021). Pentingnya Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menciptakan Pendidikan Karakter Bangsa Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9045.
Sa'bani, N. (2024). Pendidikan Karakter Remaja Gen Z Terhadap Pembelajaran Di Sekolah Pada Era Globalisasi. Progressive of Cognitive and Ability Journal, 3(2), 137-144.
Refbacks
- There are currently no refbacks.