PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI ERA DIGITAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya pendidikan kewarganegaraan di era digital sebagai upaya memperkuat karakter masyarakat dan membentuk warga negara yang bertanggung jawab, berpikir kritis, serta aktif dalam kehidupan sosial dan kenegaraan. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era digital membawa peluang sekaligus tantangan, seperti penyebaran berita bohong (hoaks), ekstremisme daring, kesenjangan digital, serta rendahnya literasi digital di kalangan siswa. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur dengan mengumpulkan dan menganalisis referensi dari buku, jurnal, dan artikel ilmiah terkait pendidikan kewarganegaraan dan digitalisasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendidikan PKn perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi melalui integrasi keterampilan berpikir kritis, literasi digital, verifikasi informasi, dan etika digital dalam kurikulumnya. Selain itu, kurikulum yang berbasis pada pembelajaran proyek kolaboratif dan diskusi daring dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Penelitian ini juga menyoroti perlunya kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat untuk menciptakan infrastruktur teknologi yang inklusif, mendukung pelatihan pendidik, serta memperkuat nilai-nilai kewarganegaraan di luar kelas. Dengan strategi yang holistik dan adaptif, pendidikan kewarganegaraan di era digital dapat membentuk warga negara yang bijaksana, berintegritas, dan siap menghadapi tantangan global.
Kata Kunci : Pendidikan Kewarganegaraan, Literasi Digital, Keterampilan Berpikir Kritis, Era digital, Kurikulum Adaptif.
Full Text:
PDFReferences
Opria, Ș., & Momanu, M. (2023). Systematic literature review on digital citizenship education for primary school students. Journal of Educational Sciences, XXIV(1), 93-110.
Hamayel, H. J., & Hawamdeh, M. M. (2022). Methods Used in Digital Citizenship: A Systematic Literature Review. Journal of Digital Educational Technology, 2(3), ep2207.
Kirmala, S. A., Nia, A. E., Surbakti, A. R., Ginting, S., & Yunita, S. (2024). Membangun Kesadaran Siswa tentang Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan di Era Digital. Public Service and Governance Journal, 5(2), 162-170.
Choi, H. (2016). Digital citizenship education: A systematic review of the literature. Computers & Education, 94, 572-585.
Rahadatul Aisy, Z. I., & Anggraeni Dewi, D. (2022). "Menerapkan Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan dengan Tujuan Membangun Karakter Anak Bangsa." Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 1039-1044.
Ulan Dari, T., Suratno, Inah, E., Sunarsih, E., Susanti, D., & Sugiono, M. (2023). "Memberdayakan Pendidikan Kewarganegaraan Milenial: Menavigasi Kompleksitas Masyarakat Modern." Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 405-415.
Jasrudin, Z., Putra, F.W., & Wajdi, F. (2020). "Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Penguatan Kompetensi PKn dan Penerapan Alternatif Pendekatan Pembelajaran." Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 42-50.
Lestari, E.Y., Janah, M., & Wardanai, P.K. (2019). "Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi Melalui Penerapan Nilai-Nilai Pancasila." Adil Indonesia Jurnal, 1(1), 20-27.
Al-Hakim, S. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Konteks Indonesia. Malang: Madani.
Aragati, A.H., Widiastuti, E., Andria, M.L., Hudi, I., & Saputra, R.S. (2024). Transformasi pendidikan kewarganegaraan dalam era digital. GARUDA: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 2(2), 35-41.
Khairunisa, N., Muyasaroh, M., & Najicha, A. (2024). Dampak digitalisasi pada pendidikan kewargaan. GARUDA - Jurnal Pendidikan, 2(2), 38-45.
Wulandari, Z., Azzahra, N., & Gunawan, H. (2023). Memperkuat jiwa kewargaan di era digital dengan pendidikan kewarganegaraan yang komprehensif. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 415–424.
Ahyati, R., & Dewi, S. (2021). Tantangan kesenjangan digital dalam pendidikan kewarganegaraan di era digital. Jurnal Ilmu Sosial, 10(1), 25-34.
Fadilah, N., Syahriani, D., & Hudi, M. (2024). Pentingnya literasi digital dalam pendidikan kewarganegaraan di era digital. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 12-20.
Santoso, G., & Wulandari, P. (2023). Peranan teknologi dalam pendidikan kewarganegaraan: Peluang dan tantangan. Jurnal Pendidikan, 12(3), 50-60.
Saputra, A.R. (2022). Pentingnya literasi digital dalam pendidikan kewarganegaraan di era digital. Jurnal Ilmu Sosial, 5(1), 12-20.
Refbacks
- There are currently no refbacks.