PENGUATAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK DAN MEMBANGUN KARAKTER SISWA DI ERA PASKA PANDEMI
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan budaya teknologi modern telah mempengaruhi kebiasaan hidup manusia sehari-hari. Dengan perkembangan global dan teknologi yang terus melaju, manusia dituntut untuk dapat beradaptasi dalam konteks global modern. Pada era pasca pandemi, fokus utama adalah memanfaatkan dan mengembangkan teknologi guna menciptakan sumber daya manusia yang unggul agar generasi Z lebih siap menghadapi tantangan teknologi di masa depan. Selain itu, pendidikan karakter sangat diperlukan untuk membangun bangsa dan masyarakat yang beretika, adil, serta beradab. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) berperan dalam membentuk dan memperkuat karakter bangsa. Penelitian ini bertujuan menjelaskan urgensi Pendidikan Kewarganegaraan di era pasca pandemi. Metode yang digunakan mencakup observasi, catatan lapangan, deskriptif kualitatif, dan dokumentasi, dengan sumber data berasal dari artikel serta jurnal di media sosial. Kesimpulan menunjukkan bahwa penguatan Pendidikan Kewarganegaraan di era pasca pandemi bertujuan untuk menciptakan perubahan karakter dan sikap yang positif.
Kata kunci: Pendidikan karakter, pembelajaran PKn, pandemi Covid-19
Full Text:
PDFReferences
Anindita putri kirani , & Fatma ulfatun najicha (2022). Pentingnya Pendidikan kewarganegaraan sebagai pedoman dalam menghadapi era society 5.0 mendatang.
Abdul karim , & Alil Rinenggo (2021). Pendidikan karakter melalui pembelajaran PKn pada Era pandemi Covid-19.
Adha & H Parikesit (2021). Implementasi teknologi dalam pembelajaran daring di Tengah masa pandemic COVID-19.
Adha, M. M. (2019). Advantegous of volunteerism values for Indonesian community and neighbourhoods. International Journal of Community Service Learning, 3(2), 83-100.
Adha, M. M. (2020). Pemahaman dan implementasi nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari. Media Komunikasi FIS, 11(3), 216-224.
Adha, M. M., Budimansyah, D., Sapriya., & Sundawa, D. (2019). Emerging volunteerism for Indonesia millennial generation: volunteer participation and responsibility. Journal of Human Behavior in the Social Environment, 29(4), 467- 483.
Adha, M. M., Budimansyah, D., Sapriya., & Sundawa, D. (2017). Volunteerism through Festival for Civic Virtue. Proceeding 2nd International Conference on Sociology Education, 5 Oktober 2017, Bandung, Indonesia.
Adha, M. M., & Nurmalisa, Y. (2016). Peran lembaga sosial terhadap pembinaan moral remaja di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1): 64-71.
Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan nilai-nilai Pancasila dalam membangun kepribadian masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15(01), 121-138.
Adha, M. M., Ulpa, E. P., Johnstone, J. M., & Cook, B. L. (2019). Pendidikan moral pada aktivitas kesukarelaan warga negara muda. Journal of Moral and Civic Education, 3(1), 28-37.
Akin, T., Dunne, G., Palomares, S., & Schilling, D. (1995). Character education in America School. Califrornia: Innerchoice Publishing.
Albitar, S.S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1).
Ali, S., & Afreni, H. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(02).
Ardhana, J. M. (2020). Menjadi warga negara yang baik pada masa pandemic covid-19: persprektif kenormalan baru. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2).
Baroroh, I. (2020). Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan media daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1(3).
Darmadi, H. (2010). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
Handayani, D. (2020). Penyakit virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 120.
He, W., Xu, G., & Kruck, S. (2014). Online is education for the 21st Century. Journal of Information Systems Education.
Heri, Gunawan. (2012). Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta.
Juaningsih, I. N. (2020). Penerapan sanksi pidana bagi penimbun masker di Indonesia selama masa pandemi Covid-19. ’ADALAH, 4(1), 75-80.
Lickona, T. (1992). Educating for character, how our school can teach respect. New York: Bantam Books.
Muhyiddin. (2020). Covid-19, new normal dan perencanaan pembangunan di Indonesia. The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2).
Mulyasa, E. (2013). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Pradana, A. A., Casman., & Nur'aini. (2020). Pengaruh kebijakan social distancing pada wabah covid-19 terhadap kelompok rentan di Indonesia. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 9(2), 61-67.
Putri, R. K., Sari, R. I., Wahyuningsih, R., & Meikhati, E. (2020). Efek pandemic covid 19: dampak lonjakan angka PHK terhadap penurunan perekonomian di Indonesia. Jurnal Bismak and Responsibility, 1(1).
Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan karakter: studi kasus peranan keluarga terhadap pembentukan karakter anak Ibu Sunah di Tanjung Benoa. Widya Accarya, 10(1).
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. IVCEJ, 3(1).
Sobri, M., Nursaptini, Widodo, A., Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61-71.
Suradi. (2017). Pembentukan karakter siswa melalui penerapan disiplin tata tertib
sekolah. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(4), 407.
Syaifullah. (2008). Ilmu kewarganegaraan (Civic). Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.
Terry, L. & Ron, T. (2007). Values education and quality theaching: The Double
Helix Effect. Publising: Australia.
TribunStyle.com. (2020). Capai 40 juta kasus Covid-19, simak update virus Corona dunia hari ini Senin 19 Oktober 2020. Diakses dari
https://newsmaker.tribunnews.com/2020/10/19/capai-40-juta-kasus-covid-
-simak-update-virus-corona-dunia-hari-ini-senin-19-oktober-2020.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1984 Tentang Wabah
Penyakit Menular.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 Tentang
Penanggulangan Bencana.
Winataputra, & Budimansyah. (2012). Civic education: konteks, landasan, bahan ajar, dan kultur kelas. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan SPS UPI Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.