Pemanfaatan Teknologi untuk Pendidikan Kewarganegaraan Di era Digital

Achmad Syaifullah Al habib, Anindya Milatul Mukhtar, Firda Eka Safitri, Day Ramadhani Amir

Abstract


Abstrak: Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) memiliki peran krusial dalam membentuk karakter dan pengetahuan warga negara yang baik. Di tengah kemajuan digital, pemanfaatan teknologi dalam PKn memberikan peluang besar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Alat digital seperti e-learning, aplikasi pembelajaran interaktif, dan media sosial dapat digunakan untuk menyampaikan materi PKn dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai strategi penggunaan teknologi digital dalam PKn, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, serta memberikan rekomendasi untuk penerapan yang lebih efektif. Data diperoleh melalui kajian literatur, termasuk jurnal dan artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, memberikan akses yang lebih luas ke sumber belajar, serta memungkinkan pembelajaran yang lebih fleksibel dan personal. Namun, ada tantangan seperti kesenjangan digital, rendahnya keterampilan teknologi di kalangan guru, dan perlunya kurikulum yang lebih adaptif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi teknologi digital dalam PKn dapat memberikan manfaat besar jika didukung oleh infrastruktur yang memadai, pelatihan bagi pendidik, serta kebijakan pendidikan yang mendukung.

 

Kata kunci: teknologi digital, e-learning, pembelajaran interaktif, media sosial


Full Text:

PDF

References


Adis Shefira. (2024). Inovasi pembelajaran PKN di era digital dengan pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan pemahaman siswa.

Andi Offset. (2011). Naskah Undang-Undang Dasar 1945 Hasil Amandemen. Yogyakarta.

Aragati, A. H., et al. (2024). Transformasi pendidikan kewarganegaraan dalam era digital.

Elga, Z. (2023). Penggunaan E-learning dalam meningkatkan literasi digital siswa mata pelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan.

Fauziyah, D. A. (2023). Mengintegrasikan teknologi dalam era digital terhadap pendidikan kewarganegaraan.

Firmansyah, A., Zahra, M. A., Zidan, M., Maulidyan, R. N., & Ghozali, I. (2024). Peran teknologi informasi dalam meningkatkan efektivitas pendidikan kewarganegaraan di era modern. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 195-203.

Gani, A. A., & Saddam. (2020). Pembelajaran interaktif pendidikan kewarganegaraan melalui mobile learning di era industri 4.0.

Hartono, A. T., & Adha, M. M. (2020). Optimalisasi pendidikan kewarganegaraan sebagai upaya meningkatkan civic knowledge peserta didik melalui media sosial.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pemanfaatan E-learning dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.

Salsabila, et al. (2023). Peran penting civics: Pendidikan ilmu kewarganegaraan di era masyarakat digital.

Shakira, A. M. (2023). Sinergi teknologi informasi dan pendidikan kewarganegaraan di era digital.

Zulhilmi, & Sukeni, S. (2024). Implementasi aplikasi Canva dalam mendukung pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa SMPN 6 Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.