Pengaruh Model Kooperatif Think Pair Share berbantu Media Damar Kurung terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD NU Kanjeng Sepuh Gresik

Qisnah Arsilah Novitri, Fachrur Rozie

Abstract


Tujuan penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  pengaruh  model  kooperatif  think  pair  share berbantu media damar kurung terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD NU Kanjeng Sepuh Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Non-Probabilty Sampling jenis sampling purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 80 siswa, yakni 40 siswa kelas VA dan 40 siswa kelas VB. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif think pair share berbantu media damar kurung berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Besar pengaruhnya terbukti dari uji-t komparatif dua sampel independent. Hasil perhitungan uji-t komparatif dua sampel independent diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan kriteria pengujian jika nilai Sig. (2- tailed) < 0.05 (0.000 < 0.05) maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh model kooperatif think pair share berbantu media damar kurung terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD NU Kanjeng Sepuh Gresik.

Kata kunci: model pembelajaran TPS, hasil belajar, siswa


Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri, dkk. (2009). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Astuti, D. (2017). Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas I. Jurnal Riset dan Konseptual, 2(3), 328-334.

Ananda, Rusydi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Praktik Untuk Pengembangan Kompetensi Guru. Medan: CV. Pusdikra MJ.

Ali, Ismun. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, Vol. 7, No. 1.

Akbar, Sa’dun. (2022). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Amrudin, dkk. (2022) Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sukoharjo: CV. Pradina Pustaka Grup.

Baharuddin & Wahyuni Esa Nur. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bastian, A., Reswita. (2022). Model dan Pendekatan Pembelajaran. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.

Cendanawati, T. W., & Suranata, K. (2018). Pengaruh Model Social Learning terhadap Hasil Belajar IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(2).

Dimyanti & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, F. A., Marli, S., & Uliyanti, E. (2018) Pengaruh Penggunaan Tps Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V Sdn 23 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9).

Darman, Regina Ade. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Padang: Guepedia.

Gunawan, Rudy. (2016). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Gainau, Maryam B. (2016). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: PT. Kanisius. Hidayat, Rahmat D., dkk .(2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: IMTIMA.

Huda, Miftahul. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hamalik, Oemar. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Husamah, dkk. (2019). Pengantar Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Hidayah, Nurul. (2020). Dampak sistem pembelajaran daring terhadap kegiatan belajar mengajar pada masa pandemi covid 19 di SDN 3 Sriminosari. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2), 189-206.

Hurit, Roberta U., dkk. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: CV Media Sains Indonesia.

Ismoerdjahwati, Ika. (2014). Budaya Nusantara Melalui Damar Kurung. Jurnal Budaya Nusantara, Vol.1, No.1, Hal. 84-91.

Jumadi. (2017). Model-Model Pembelajaran Kelompok Sistem Perilaku. Yogyakarta: UNY Press.

Junaedi, Ifan. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(2), 19-25.

Kurniasih, Imas & Berlin Sani. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Kusumastuti, Adhi, dkk. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Khudin, Mochamad Sholeh. (2021). Nilai-Nilai Budaya dalam Tradisi Damar Kurung Sebagai Ikon Kabupaten Gresik. Skripsi Program Studi Sosiologi. Program Sarjana Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Khaesarani, I. R & Eka Khairani H. (2022). Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(3), 37-49.

Larasati, Pamela Ayu. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Damar Kurung Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air di Sekolah Dasar. JPGSD, Vol. 05, No. 03, Hal. 402-413.

Lumbanraja, L. H. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Pada Butir Tes Soal Ujian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas XII SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Lidya, N., Marli, S., & Sabri, T. (2019). Pengaruh Penggunaan TPS Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN 18 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(5).

Murni. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 3 (2). 273- 288.

Mariyaningsih, Nining & Mistiana Hidayati. (2018). Bukan Kelas Biasa Teori dan Praktik Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: CV Kekata Group.

Nasrudin, Juhana. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Buku Ajar Praktis Cara Membuat Penelitian). Bandung: PT. Panca Terra Firma.

Nizamuddin, dkk. (2021). Metodologi Penelitian Kajian Teoritis dan Praktis Bagi Mahasiswa. Riau: CV. DOTPLUS Publisher.

Nurrahmah, Arfatin, dkk. (2021). Pengantar Statistika 1. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Octavia, Shilphy A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama. Parmiti, Desak Putu. (2020). Mengajar Menyenangkan di Sekolah Dasar. Bali: PT Raja Grafindo Persada.

Paryanto. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Pelajaran Passing Dalam Permainan Bola Voli. Malang: Ahlimedia Press.

Pratiwi, Amanda. (2021). Konsep Pendidikan Humanis Perspektif Ki Hadjar Dewantara. Skripsi Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Program Sarjana Ilmu Pengetahuan Sosial Institut Agama Islam Negeri Jember.

Prayogo, Moh. Dey & Hasan Ismail. (2022). Damar Kurung Sebagai Repesentrasi Nilai dan Citra Masyarakat Gresik. Jurnal Representamen, Vol.8, No.2, Hal 112-123.

Rafi, A. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Keanekaragaman Suku Bangsa Dan Budaya Model Pembelajaran TPS (Think Pair Dan Share) Di Kelas IV Muhammadiyah 28 Kel. Pulo Brayan Darat II Medan Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai S. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Surahman, E., & Mukminan, M. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1-13.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Siregar, Syofian. (2020). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Tanggerang: Indigo Media.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana. Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Triana, Neni. (2021). LKPD Berbasis Eksperimen: Tingkatkan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Guepedia.

Uyun, Muhamad & Idi Warsah. (2021). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Wahyu, R. S. (2013). Damar Kurung (Makna Lukisan Damar Kurung Sebagai Kesenian Masyarakat Gresik). Antro Unair Dot Net, 2(1), 114-123.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17-23.

Zulfah, Z. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, vol.1, no.2, pp. 1-1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.